Komunitas TDA Bakal Hadir di Maros, Bimbing UMKM yang Galau

MAROS, MM – Jumlah pengusaha di Indonesia masih terbilang sedikit. Rasionya hanya sekitar dua persen dari jumlah penduduk saat ini. Survei SEA Group menyatakan bahwa 24% anak muda di Indonesia ingin jadi pengusaha.

Umumnya mereka ingin memberi dampak positif bagi masyarakat dan komunitas. Tetapi, masih banyak yang bingung. Tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan. Bisnis berhenti di tengah jalan, pengusaha mundur layu sebelum berkembang.

Read More

Nah, dukungan modal memang penting, namun belajar bisnis model, marketing, dan dukungan komunitas juga lebih penting.

Menjawab persoalan itu, Komunitas Tangan Di Atas (TDA), jejaring komunitas pengusaha nasional akan diresmikan di Maros. Komunitas ini nantinya akan fokus pada pembinaan UMKM di Maros.

“Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika jadi anggota TDA, salah satunya bisa ikut mentoring bisnis secara nasional,” ujar Daeng Faqih, pengurus TDA Nasional, Selasa, 3 Maret 2020.

Faqih menambahkan, TDA akan jadi wadah berkumpulnya pengusaha muda Maros untuk belajar. Mereka juga bakal berkolaborasi untuk membawa UMKM naik kelas. “Kehadiran TDA sangat penting untuk menjadikan UMKM Maros tumbuh berkembang, apalagi potensi ekonomi Maros sangat besar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TDA Sultrapapua, Fitriady mengharapkan penggiat UMKM dan pengusaha muda di Maros untuk segera mendaftar sebagai anggota TDA. “ Jika persyaratan keanggotaan sudah mencukupi, TDA Maros akan segera diresmikan,” ujarnya.

Ia mencontohkan, awalnya anggota TDA Makassar hanya beberapa orang saja. Tetapi seiring pertumbuhan UMKM, anggota TDA Makassar juga bertambah hingga membernya ribuan. “TDA pun mengambil peran pembinaan sehingga perkembangan UMKM di Makassar relatif cepat,” imbuh Adi.

Fitriadi mengatakan, langkah pembentukan TDA ada lima tahapan. Pertama, menghubungi dirgembil melalui TDA daerah terdekat. Kedua, melakukan kopdar untuk menyampaikan inisiasi secara terbuka. Mengajak pengusaha lokal untuk terlibat. Ketiga, melakukan registrasi TDA passport, minimal 20 orang. Keempat, mengadakan kopdar untuk menetukan ketua TDA Daerah. Kelima, mengirim nama pengurus ke TDA Pusat untuk mendapat SK dari presiden TDA.

“ Kehadiran TDA di Maros akan sangat membantu pengusaha untuk naik kelas, menciptakan lapangan kerja baru dan bisa berjejaring secara nasional,” pungkasnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.