Ada Pesawat Angkut Penumpang, GM: Mau Ketemu Anak Bini Masa Tidak Boleh

MAROS, MM – Beredar kabar jika ada pelayanan penerbangan yang masuk dan keluar Makassar hari ini, Rabu, 29 April 2020. Beberapa pengguna media sosial juga mengunggah hasil pantauannya di aplikasi penerbangan.

Sejumlah warga yang tinggal dekat Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga mengaku mendengar cukup banyak pesawat yang lepas landas.

Read More

Saat dikonfirmasi MataMaros.com, Gerenal Manager Angkasa Pura I, Wahyudi, membenarkan informasi tersebut. Namun itu, sergahnya, bukan penerbangan komersial.

“Sriwijaya dan Wings Air dari Kupang itu ngangkat kargo,” katanya.

Wahyudi menjelaskan, penerbangan untuk penumpang yang umum belum dibuka. Namun, kalau sifatnya pekerja atau WNI dari luar negeri yang ingin kembali, masih diperbolehkan.

“Intinya tidak melakukan mudik. Dia bekerja di Malaysia, bekerja di Jakarta, terus mau pulang ke Makassar, mau ketemu anak bininya, masa tidak boleh,” ungkapnya.

Namun, menurut Wahyudi, kebijakan itu tergantung dari maskapai masing-masing. “Ada penerbangan tidak? Itu terbuka, apabila ada penerbangan ke sini (Makassar),” imbuhnya.

Kemudian, penerbangannya juga harus memperoleh izin dari Kementerian Perhubungan. “Harus membawa surat keterangan. Tapi bukan orang yang mudik, sekali lagi bukan untuk mudik,” pungkas Wahyudi.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengeluarkan instruksi penerbangan komersial dihentikan mulai Jumat, 24 April 2020. Keputusan tersebut berlaku hingga 1 Juni 2020.

Larangan terbang berlaku baik penerbangan domestik maupun internasional. Celah yang dibolehkan hanya penerbangan tertentu, seperti pimpinan lembaga tinggi negara, layanan medis, dan logistik. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts