14.292 KK di Maros Terima BLT Kemensos

MAROS, MM – Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600.000 per bulan mulai terdata di Maros. Khusus bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), kuotanya 14.292 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Maros, Prayitno, menjelaskan, mekanisme pembayarannya langsung ke rekening penerima. Bisa melalui BRI atau BNI.

Read More

“Kalau yang tak punya rekening, lewat pos,” kata Prayitno kepada MataMaros.com, Rabu, 29 April 2020.

Hanya saja, jadwal transfer BLT senilai Rp600.000 ini belum dipastikan. Rencananya selama tiga bulan, April, Mei, hingga Juni. Namun kabarnya sudah ada yang cair juga di beberapa desa.

Prayitno mengungkapkan, dari jumlah 14.292 KK, masih ada yang perlu dirampungkan. Masih terdapat sekitar 1.000 KK yang diverifikasi.

“Awalnya memang sudah ada data dari kementerian. Tetapi kita kembali lakukan verifikasi lapangan, mana yang layak dan mana yang perlu diganti,” katanya.

Sementata itu, daftar penerima BLT yang bersumber dari dana desa belum dirampungkan. Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) masih menunggu dari masing-masing desa.

“Belum ada data yang masuk. Masih menunggu dari kades. Kita harapkan secepatnya selesai,” ujar Husair Tompo, Kadis PMD Maros.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengeluarkan kebijakan BLT dana desa bagi warga terdampak Covid-19, yang hanya diberikan kepada masyarakat yang belum mendapat bantuan lainnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan penerima bantuan lain tidak boleh lagi menerima BLT dana desa seperti bantuan Sembako dan Program Keluarga Harapan dan Kementerian Sosial. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts