Bandara Buka 25 Penerbangan, Penumpang Wajib Kantongi Hasil Rapid Test

MAROS, MM – Penerbangan domestik penumpang khusus untuk tahap awal telah dibuka di Bandara Internasional Hasanuddin, Sabtu, 9 Mei 2020. Total ada 25 pesawat yang beroperasi hari ini.

Kepala Otoritas Bandara Internasional Hasanuddin Makassar, Baitul Ikhwan, menjamin, penerbangan ini bukan angkutan mudik Lebaran. Pelayanan dibuka terkait kedinasan atau pulang dari tugas.

Read More

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi penumpang. Paling utama, harus memiliki surat tugas kedinasan, baik ASN, pegawai BUMN, maupun perusahaan swasat.

“Kedua, bebas Covid-19 dengan surat keterangan minimal rapid test serta tetap memegang ketentuan protokol kesehatan dengan masker dan sarung tangan,” jelasnya, Sabtu, 9 Mei 2020.

Pada penerbangan tahap awal ini, masing-masing cuma maskapai diberi satu slot penerbangan penumpang khusus . Namun, tak menutup kemungkinan bisa bertambah.

“Kalau lebih baik dan permintaan lebih tinggi, itu kemungkinkan kita tambah,” kata Baitul.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Wahyudi, menambahkan, 25 pesawat beroperasi hari ini terdiri atas kargo, carter, dan penumpang komersial reguler.

“Ada dua flight (penumpang komersial reguler) hari ini, Garuda dari Jakarta dan Citilink,” sebutnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, dr Darmawali Handoko, mengatakan, syarat kesehatan penumpang intinya tak mengganggu perjalanan. Datang tidak menularkan virus, begitu pun saat berangkat.

Ia menjelasjan KKP memiliki tugas untuk memvalidasi hasil dari pemeriksaan. kesehatan. Tak lulus, dipastikan tidak bisa berangkat.

“Minimal harus punya rapid test dengan hasil negatif. Paling lama 7 hari sebelum keberangkatan. Kalau sudah 7 hari, kita sarankan ulang lagi,” jelasnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts