Konsep Wisata Baru di Tanralili; Rekreasi, Edukasi, hingga Olahraga

Siap-siap memiliki tempat anyar untuk melepas penat. Lokasinya tak begitu jauh dari Kota Maros. 

LAPORAN:

Read More

Fahril Muhammad

KONSEP destinasi wisata baru di areal perumahan BSS Bukit Indah Kapuk, Dusun Kaluku, Desa Purna Karya, Kecamatan Tanralili begitu komplet. Bisa berekreasi, belajar, sambil berolahraga.

Owner PT Sanusi Karsa Tama (Sakatama), Abdul Salam selaku pengembang BSS Bukit Indah Kapuk, telah memperlihatkan sebagian lokasinya, Jumat, 8 Mei 2020. Saya ikut diajak berkeliling selama hampir sejam.

Rasa-rasanya, medan lintasannya memang mengarahkan ke sebuah destinasi wisata alam. Kiri kanan pepohonan rindang. Makin lama, makin menukik. Jalannya pun berliku.

Sambil menyetir, Salam menunjukkan lokasi yang menjadi spot wisata nantinya. Ada dua wahana yang sementara dibangun, yakni kolam memancing berbentuk love dan bendungan mini.

Salam mengungkapkan, areal wisata rencananya hanya disiapkan 4 hektare saja. Namun, ternyata potensinya bertambah dua kali lipat menjadi 8 hektare.

Memang ada beberapa spot wisata yang direncanakan. Dimulai dari wisata air, di antaranya waterboom, kolam renang, hingga kolam pemancingan.

Kemudian, spot wisata edukasi di kebun. Salam ingin menyediakannya lantaran memang sudah ada lahan perkebunan warga yang dibelinya, seperti cokelat, merica dan langsat.

“Ini akan kelola jadi kebun edukasi buat siswa,” ungkapnya.

Ada pula lahan persawahan yang disiapkan untuk wisata edukasi. Sapi perah juga akan didatangkan untuk mengedukasi anak soal peternakan.

Tampaknya, destinasi wisata baru ini bakal makin memikat dengan disediakannya areal perkemahan atau glamour camping. Desainnya dirancang berpetak-petak.

“Kita buat kavelingan kecil untuk berkemah, mungkin 5×8 (meter). Ada drainase kecil di sampingnya. Jadi, nantinya pimpinan perusahaan atau kwartir pramuka yang ingin melaksanakan outbound bisa di sini,” kata Salam.

Kehadiran spot olahraga pun siap memacu adrenalin Anda. Wahana panjat tebing, flying fox, paintball, hingga trek sepeda gunung dan motor trail juga akan dibuka.

Salam membeberkan, destinasi wisata baru ini rencananya diberi nama Wisata Bukit Indah Kapuk Glamping. Spot-spot wisatanya tengah dibangun secara bertahap.

“Tahun ini, bendungan mini dan pemancingan Insyaallah sudah jadi. Yang kami belum prediksi spot lainnya. Mungkin 2-3 tahun bisa sempurna karena butuh mitra luar, seperi yang berhubungan dengan produk wahana,” ungkapnya.

Tak hanya warga yang bermukim di BSS Bukit Indah Kapuk bisa menikmati ragam wahana itu nantinya. Destinasinya bakal dibuka secara komersial. Tetapi tentu ada diskon khusus bagi warga perumahan.

Ia berharap, kehadiran Bukit Indah Kapuk bisa membuka kesejahteraan bagi warga Desa Purna Karya yang menjadi lokasi pembangunan Bukit Indah Kapuk. Apalagi desa ini dianggap lebih tertinggal dibanding desa lainnya.

“Beda di Desa Damai dan Lekopancing. Di sana ada pasar, bank, dan banyak kantor. Mudah-mudahan dengan hadirnya saya, Purna Karya bisa berkembang bersama juga,” tururnya.

Adapun total lahan yang tersedia di areal perumahan Bukit Indah Kapuk seluas 30 hektare. Luasan 8 hektare telah disiapkan untuk spot wisata.

Sisanya, 22 hektare untuk pembangunan perumahan dengan beberapa klaster, seperti rumah sederhana, vila, dan bisnis

Khusus vila, akan dibangun lebih daru 200 unit dengan tipe 85, 60, dan 105. Sedangkan rumah sederhana akan dibangu 1.000 unit lebih. (*)

Penulis : | Editor :

Related posts