Peringatan May Day, Pekerja Dirumahkan Dapat Sembako

MAROS, MM – Serikat pekerja di Maros memperingati May Day dengan menyalurkan sembako ke pekerja yang dirumahkan. Tahap awal, 120 orang menjadi penerima.

Aksi ini merupakan hasil keja sama antara Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Disnakertrans, dan KNPI Maros. Secara simbolis, diserahkan di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maros di Gedung Serbaguna, Rabu, 13 Mei 2020.

Read More

Kepala Disnakertrans Maros, Amiruddin, menyebutkan, bantuan tersebut terkumpul dari berbagai perusahaan. Ada yang menyerahkan berupa sembako, ada pula berupa uang tunai.

“Yang uang tunai, kami juga belanjakan juga dalam bentuk barang,” ungkap Amiruddin, Rabu, 13 Mei 2020.

Berdasarkan data yang diterimanya, tercatat 12 perusahaan yang berkontribusi dalam penyaluran untuk pekerja ini. Sumbangannya seperti kue instan, gula, beras, ikan kaleng, dan minyak goreng.

“Kegiatan penyaluran ini sebenarnya merupakan kegiatan serikat pekerja kami hanya memfasilitasi,” tuturnya.

Ketua DPC KSPSI Maros, Muhammad Ridwan, mengatakan, sembako akan bagi dalam dua tahap. Penerima tahap awal ini sebanyak 120 orang.

Dia mengaku masih akan memaksimalkan jumlah bantuan. Sembako yang terkumpul masih 300 paket, sementara karyawan yang dirumahkan sudah berjumlah 534 orang dari 13 perusahaan.

“Kami berupaya maksimal semua dapat. Tahap kedua ini akan kami rencanakan kembali,” kata Ridwan.

Ketua KNPI Maros, Asri Said, mengatakan, pihaknya juga membantu pendataan karyawan dirumahkan. Menurutnya, tak semua yang mau melaporkannya ke Disnakertrans.

Selain itu, KNPI juga turut membantu penyaluran sembako. “Kita bantu menyalurkan ke teman-teman pekerja,” ujarnya. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts