Pemkab Cairkan THR Rp27,2 M, Bupati hingga Kadis Tidak Kebagian

MAROS, MM – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros semringah hari ini, Kamis, 14 Mei 2020. Gaji 14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) mereka sudah cair.

Bupati Maros, Hatta Rahman, menyebutkan, total anggarannya Rp27,2 Miliar. Sesuai peraturan dari Menteri Keuangan, THR dibayarkan paling lambat satu pekan sebelum hari lebaran atau mulai 14 Mei 2020.

Read More

“Hari ini kita bayarkan THR ASN Maros,” kata Hatta.

Setelah THR, pemkab akan membayarkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang dianggarkan Rp3 miliar, besok, Jumat, 15 Mei 2020. Selain itu Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana sertifikasi guru juga bakal dibayarkan.

“Senin, ADD. Selasa depan, dana sertifikasi guru,” imbuh Hatta.

Adapun total anggaran yang digelontorkan Pemkab Maros untuk pembayaran THR, TPP, ADD, dan sertifikasi sebesar Rp59 miliar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Maros, Sam Sophyan, menambahkan, ada beberapa jabatan yang tidak menerima THR tahun ini sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat. Jabatan tersebut adalah kepala dinas, kepala badan, kepala kantor, bupati, wakil bupati, dan anggota DPRD.

“Dari pejabat yang tidak menerima THR tersebut, daerah menghemat sekitar Rp200 juta lebih,” ujarnya.

Ia pun merincikan, untuk sertifikasi guru dianggarkan Rp23,4 miliar untuk pembayaran triwulan pertama. Jumlah guru yang menerima 1.951 orang. Sedangkan, anggaran untuk ADD Rp5 miliar.

“Untuk ADD yang cair itu dana rutin desa, termasuk di dalamnya dana operasional desa,” jelasnya. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts