Aksi Mentan SYL Keliling Sawah Jadi Tontonan Warga Bonto Marannu

MAROS, MM – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke Dusun Tangkuru, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Lau, Minggu, 17 Mei 2020. Ia mencanangkan program Gerakan Percepatan Tanam.

Syahrul tiba sekitar pukul 12.30 Wita. Kemudian, langsung menuju areal persawahan dan mengelilinginya dengan mengemudikan mesin penanam padi otomatis atau mesin transplanter.

Read More

Ia didampimgi Wakil Bupati Maros, Andi Harmil Mattotorang. Awalnya, hanya berencana mengelilingi sawah satu kali, tetapi warga memintanya mengelilinginya lagi.

“Oke satu kali lagi,” kata Syahrul sembari mengangkat jempolnya.

Kata dia, kunjungannya ke Maros kali ini untuk memastikan kesiapan pangan, khususnya beras. Seluruh daerah diminta harus lebih siap menghadapi dinamika berbagai dampak permasalahan yang dihadapi saat ini.

“Baik dampak yang ada pada Covid-19, termasuk dampak kekeringan,” ujar mantan gubernur Sulsel dua periode ini.

Ia mengatakan, musim tanam pertama atau rendengan telah selesai. Selanjutnya, masuk ke musim kering.

“Tetapi masih ada sisa hujan antara bulan Mei menuju Juni yang orang Sulsel manfaatkan dengan baik,” tutur SYL, sapaan karib Syahrul.

Syahrul pun mengapresiasi langkah seluruh pemerintah daerah dan tokoh tani yang melakukan percepatan tanam. Targetnya, tahun ini 55,6 juta hektare lahan pertanian bisa tertanami.

“Kalau ini menghasilkan, kalau dikali 7 ton kemampuan kita, maka itu sangat besar untuk memperhatikan pangan kita,” ungkapya. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts