Rapid Test di Pasar Tramo, 9 Pedagang Reaktif

MAROS, MM – Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Maros kembali menggelar rapid test, Selasa, 19 Mei 2020. Kali ini pemeriksaan menyasar pedagang di Pasar Rakyat Butta Salewangang atau lebih dikenal Pasar Tramo.

Rapid test dimulai sekitar pukul 10.00 Wita. Pemeriksaan berlangsung hingga pukul 13.00 Wita. Hasilnya, 9 pedagang yang reaktif.

Read More

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Kopumdag) Maros, Kamaluddin Nur, meminta ke pedagang yang bersangkutan untuk tidak melakukan aktivitas dahulu di pasar. Dianjurkan melakukan isolasi mandiri.

“Untuk membuktikan apa betul-betul positif, tim gugus akan melakukan swab test,” imbuhnya.

Adapun jumlah yang terdata sebanyak 1.200 pedagang. Namun, rapid test bergantung pada jumlah alat yang disiapkan tim gugus.

“Saya berharap, kalau kecenderungan peningkatan Covid-19 tidak menurun, saya berharap rapid test di pasar kecamatan juga,” kata Kamal, sapaan karib Kamaluddin.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pamberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros, Erniwati, meyebutkan, jumlah yang disiapkan khusus pedagang sebanyak 600 alat rapid test. Namun, tak semua yang ikut.

“164 yang ikut screening, ada 9 yang reaktif. Dari 600 yang disiapkan, mungkin karena sibuk layani pembeli, tidak sempat, atau tidak mau,” katanya.

Rencananya, swab test sembilan pedagang dilaksanakan setelah sepekan. “Kalau misalkan dia ada gejala, baru swab. Kalau tidak ada gejala, kita arahkan isolasi mandiri atau ikut program duta Covid-19,” ungkap dia. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts