Masjid Agung dan Al-Markaz Kembali Gelar Salat Jumat

MAROS, MM – Masjid Agung Arrahman akhirnya kembali menggelar salat Jumat, 22 Mei 2020. Sebelumnya, pelaksanaannya telah ditiadakan selama enam pekan atau sejak 10 April 2020.

Namun, pelaksanaan salat Jumat tetap menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Remaja masjid ditugaskan berjaga di pagar untuk menyemprotkan hand sanitizer kepada tiap jemaah.

Read More

Karenanya, sebelum masuk area masjid, tiap jemaah, baik memakai kendaraan atau jalan kaki wajib memenuhi protokol kesehatan ini. Tak hanya itu, setelah mengambil wudu dan hendak masuk ke dalam masjid pun jemaah kembali diwajibkan memakai hand sanitizer.

“Memang kita sudah mengatur penggunaan hand sanitizer. Bahannya itu merupakan partisipasi dari jemaah. Kemudian, kita libatkan anak-anak remaja di depan,” ungkap Basri Hasyim, Ketua Pengurus Masjid Agung.

Kata dia, ini merupakan Jumat terakhir Ramadan 1441 Hijriah. Jemaah Masjid Agung sangat menyayangkan bila melewatkan Ramadan, tanpa pernah menghadiri salat Jumat di masjid.

“Karena kita rindu, ini sudah Jumat terakhir. Mudah-mudahan ini berkah dari Allah. Dan juga doa dari seluruj jemaah bahwa apa yang dikhawatirkan ini bisa cepat hilang,” tururnya.

Pengurus masjid pun merencanakan, salat Jumat digelar kembali di pekan-pekan selanjutnya. “Mudah-mudahan kita diberikan kesehatan semua. Kita akan siapkan apa yang menjadi anjuran pemerintah,” kata Basri.

Usai salat jumat di Masjid Agung, MataMaros.com pun sempat mengunjungi Masjid Al-Markaz Al-Islami. Jemaah juga telah menggelar salat Jumat. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts