Pasien Covid-19 Sembuh Bertambah, Hatta Klaim Sudah Lebih 50 Persen

Bupati Maros, Hatta Rahman. (Foto: Dok/MataMaros.com)

MAROS, MM – Angka kesembuhan Covid-19 di Maros berangsur meningkat. Totalnya 26 orang dari 62 kasus positif. Persentasenya 41,9 persen.

Namun, Bupati Maros, Hatta Rahman, bahkan sangat yakin angka tersebut masih terus meningkat. Ia mengklaim segera ada yang sembuh dalam jumlah besar.

Read More

“Ada yang menyusul 9 orang. Kalau dijumlah sudah di atas 50 persen (tingkat kesembuhan),” sebutnya, Rabu, 27 Mei 2020.

Terkini, Rabu, 27 Mei 2020, pasien sembuh bertambah lagi dua orang. Seorang perempuan (26) asal Dusun Sambueja, Kecamatan Simbang dan seorang perempuan (28) yang berdomisili di Perumahan Griya Batas Kota, Desa Marumpa, Kecamatan Marusu.

Sehari sebelumnya juga ada tambahan yang berasal dari Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale, laki-laki usia 32 tahun. Ia merupakan pekerja di bandara. Dinyatakan sembuh, Selasa, 26 Mei 2020.

Menurutnya, kasus Covid-19 hanya terbagi-bagi di beberapa titik. “Bukan menyebar. Tapi ada spot-spot,” kata Hatta.

Ia mencontohkan kasus di Bantimurung. Ada dua titik penularannya, yakni di Dusun Paranggi dan Segesegeri. “Di Kampung Paranggi, satu titik tapi jumlah penderitanya ada 6 orang. Di Segesegeri jumlahnya 8 orang,” ungkapnya.

Begitupun, lanjutnya, di Kecamatan Turikale. Satu rumah di Jl Cendana langsung empat orang positif Covid-19.

“Di Mandai juga seperti itu, satu titik ada enam orang. Di Moncongloe, satu titik, ada ayahnya, anak, dan istrinya,” beber Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maros ini.

Ia pun menambahkan, klaster pasien positif Covid-19 tertinggi saat ini terkait dengan bandara. Jumlahnya melebihi 20 pasien. Disusul klaster umrah 19 orang.

Kemudian, ada pula klaster khusus orang yang berdomisili di Maros, tetapi bekerja di Makassar. Karenanya, Hatta mengimbau kepala dusun dan lingkungan untuk terus memantau warganya yang bekerja di luar.

“Kalau dilihat ada peningkatan, saya pikir tidak terlalu signifikan. Landai,” katanya.

Hari ini, memang ada lagi peningkatan positif Covid-19 satu orang. Pasien sedang dirawat di RS Siloam. Ia merupakan warga Perumnas Tumalia, Kelurahan Adatongeng, Kecamatan Turikale.

PDP juga bertambah satu orang, laki-laki (23) asal Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai. Ia dirawat di RSAU dr Dody Sardjoto. Kini total PDP menjadi 28 kasus.

Sementara, ODP bertambah dua orang. Kini totalnya 208 orang. Namun, sisa 11 orang yang masih dalam proses pemantauan.

Andai Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Maros memanfaatkan maksimal fasilitas uji PCR di Balai Besar Veteriner Maros, angka ODP dan PDP bisa ditekan hingga nol. Sebab, jumlahnya relatif tidak begitu banyak. Padahal kapasitas tes di sana 56 sampel per hari. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts