Sosok Mendiang Bripda Aan; Sabar dan Sangat Manut pada Kakak

MAROS, MM – Keluarga betul-betul terpukul setelah kepergiaan Bripda Aan Zulhaq Bakri. Anak penyabar dan penurut itu telah tiada.

Suasana berkabung menyelimuti rumah duka di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Bantimurung, Rabu, 27 Mei 2020. Tangis haru silih berganti terdengar dari setiap mereka yang datang melihat wajah Aan terakhir kalinya.

Read More

“Aan ini anak yang sabar. Dia sama keluarga sangat menurut. Saya pun sebagai kakaknya tidak pernah dibantah,” ungkap Zukifli, kakak sulung almarhum Aan.

Dia mengungkapkan, apapun yang diperintahkan orang tua dan saudaranya selalu dituruti. “Biasanya kan anak-anak kalau sudah masuk polisi tidak mau lagi diperintah. Dia ini tidak. Makanya kami merasa sangat kehilangan,” tuturnya.

Peristiwa nahas yang menimpa Aan di Lingkungan Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Selasa, 26 Mei 2020, terjadi sekitar 15 menit setelah meninggalkan rumahnya. Ia pamit untuk pergi bekerja.

Namun, siapa sangka anggota Ditsabhara Polda Sulsel ini ternyata pergi selama-lamanya. “Tidak ada firasat sama sekali. Seperti biasanya, dia pamit berangkat kerja,” kata Zulkifli.

Aan sebenarnya punya indekos di Makassar. Namun, selama masa lebaran, ia memilih pulang balik dari rumahnya.

Pasca kecelakaan, Aan yang merupakan bungsu dari empat bersaudara masih sempat mendapat pertolongan pertama di Puskesmas Bantimurung. Setelah itu dirujuk ke RSUD Salewangang dalam kondisi tak sadarkan diri.

“Sekitar jam 12.00 (siang) dirujuk lagi ke (RSUP) Wahidin Sudirohusodo. Penanganan sudah semaksimal mungkin. Tetapi sekitar jam 09.00 (malam), dia mengembuskan napas terakhir,” imbuh Zulkifli.

Semasa sekolah, Aan yang merupakan alumnus SMKN 2 Simbang itu dikenal aktif juga berpramuka. “Pas tamat SMA mau daftar polisi memang. Sudah sekitar dua tahun dia bertugas,” lanjut Zulkifli.

Putra pasangan Djuli Bakri-Sinar ini akan dimakamkan di salah satu pemakaman umum di Kecamatan Simbang. Jaraknya sekitar dua kilometer dari rumah mendiang. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts