Batal Berangkat, 309 Calon Jemaah Haji Maros Diberi Dua Pilihan

Kepala Kantor Kemenag Maros, Muhammad Tonang di ruang kerjanya. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Kementerian Agama (Kemenag) resmi membatalkan pemberangkatan haji tahun ini. Khusus di Maros, totalnya ada 309 orang.

Kepala Kantor Kemenag Maros, Muhammad Tonang, mengatakan, pihaknya segera menyampaikan keputusan tersebut kepada calon jemaah. Salah satunya melalui pesan singkat.

Read More

“Kita punya kuota 309. Mereka sudah melakukan pelunasan tahap pertama dan kedua. Sudah 100 persen,” kata Tonang di ruang kerjanya, Selasa, 2 Juni 2020.

Sedianya, kloter pertama sudah diberangkatkan bulan ini. Kemenag pun telah merampungkan pengurusan paspor calon jemaah.

“Yang masuk kuotanya tahun ini akan diberangkatkan tahun depan,” jelas Tonang.

Ia juga menjelaskan, ada dua opsi yang akan diberikan kepada jemaah. Pertama, bisa melakukan pengembalian dana haji atau ditarik dengan syarat tertentu.

“Yang kedua bisa disimpan tetapi nilai manfaatnya akan dikembalikan kepada yang bersangkutan,” ungkapnya.

Kebijakan pembatalan haji dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) No.494/2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M.

Menteri Agama RI, Fachrul Razi mengklai. keputusan ini telah melewati sejumlah kajian. Kemenag juga melakukan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi 8 DPR RI.

Kementerian Agama juga mengaku telah melakukan komunikasi intensif dengan Kementerian Haji Arab Saudi. Hingga 1 Juni 2020, disebutkan bahwa Saudi belum memutuskan apapun. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts