BIK Siapkan 5.000 Bibit Pinus di Destinasi Wisata Baru Tanralili

Plang nama BSS Bukit Indah Kapuk di Desa Purna Karya. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Pengelola BSS Bukit Indah Kapuk (BIK), perumahan sekaligus destinasi wisata baru di Tanralili, berkomitmen tak mengganggu alam. PT Sanusi Karsa Tama (Sakatama) yang menjadi pengembang bahkan ingin menambah rimbun kawasan itu.

Sakatama mulai menyiapkan bibit pohon. Untuk tahap pertama ada 5.000 bibit pinus yang akan ditanam di sepanjang jalan destinasi wisatanya. Jalanan saat ini dalam proses pengerjaan.

Read More

“Alhamdulillah kita sudah dapat bibitnya. Dari (Kecamatan) Cenrana,” ujar Abdul Salam, owner Sakatama, Selasa, 2 Juni 2020.

Salam membeberkan, penanaman pinus akan dilakukan November mendatang. Apalagi ditargetkan ada tiga spot wisata yang bisa rampung dan dinikmati mulai akhir tahun ini.

Spot wisata yang sedang digenjot fasilitasnya adalah bendungan, pemancingan, kolam renang.

“Semuanya memang bernuansa alam. Dan tidak merusak alam. Kita malah serahkan beberapa hektare ke komunitas Indonesia Berkebun. Terserah mereka mau ditanami apa saja,” ucap Salam.

BIK sebenarnya adalah kawasan perumahan. Ada tiga klaster. Rumah bersubsidi, ruko, dan vila. Namun pengembang juga menyiapkan lahan di belakangnya untuk destinasi wisata, kira-kira 8 hektare.

Memang ada beberapa spot wisata yang direncanakan. Dimulai dari wisata air, di antaranya waterboom, kolam renang, hingga kolam pemancingan.

Kemudian, spot wisata edukasi di kebun. Salam ingin menyediakannya lantaran memang sudah ada lahan perkebunan warga yang dibelinya, seperti cokelat, merica dan langsat.

“Ini akan kelola jadi kebun edukasi buat siswa,” ungkapnya.

Ada pula lahan persawahan yang disiapkan untuk wisata edukasi. Sapi perah juga akan didatangkan untuk mengedukasi anak soal peternakan.

Tampaknya, destinasi wisata baru ini bakal makin memikat dengan disediakannya areal perkemahan atau glamour camping. Desainnya dirancang berpetak-petak.

“Kita buat kavelingan kecil untuk berkemah, mungkin 5×8 (meter). Ada drainase kecil di sampingnya. Jadi, nantinya pimpinan perusahaan atau kwartir pramuka yang ingin melaksanakan outbound bisa di sini,” kata Salam.

Kehadiran spot olahraga pun siap memacu adrenalin Anda. Wahana panjat tebing, flying fox, paintball, hingga trek sepeda gunung dan motor trail juga akan dibuka.

Salam membeberkan, destinasi wisata baru ini rencananya diberi nama Wisata Bukit Indah Kapuk Glamping. Spot-spot wisatanya tengah dibangun secara bertahap.

“Tahun ini, bendungan mini dan pemancingan serta kolam renang insyaallah sudah jadi. Yang kami belum prediksi spot lainnya. Mungkin 2-3 tahun bisa sempurna karena butuh mitra luar, seperi yang berhubungan dengan produk wahana,” ungkapnya.

Tak hanya warga yang bermukim di BSS Bukit Indah Kapuk bisa menikmati ragam wahana itu nantinya. Destinasinya bakal dibuka secara komersial. Tetapi tentu ada diskon khusus bagi warga perumahan.

BIK terletak di Dusun Kaluku, Desa Purna Karya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros. Dekat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, hanya berkisar 9 kilometer. Lokasinya juga merupakan jalan provinsi dan berada di segitiga wilayah Maros, Makassar, Gowa. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts