Uji Covid-19 BBVet Maros Layani Tiga Kabupaten, Hasilnya Keluar dalam Sehari

Seorang petugas pengujian Covid-19 BBVet Maros memasukkan sampel ke ruang penyimpanan, Rabu, 10 Juni 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Sejak membuka pengujian Covid-19 mulai Rabu, 20 Mei 2020 lalu, Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros telah menerima 343 sampel swab. Sumbernya dari tiga kabupaten, yakni Maros, Pangkep, Barru.

Rincian sampel yang diterima, Maros 214 sampel, Pangkep 121 sampel, dan Barru 8 sampel. Jumlah itu terdata hingga Rabu, 10 Juni 2020.

Read More

Kepala BBVet Maros, Risman Mangidi, mengatakan, kapasitas yang bisa diterima 50 sampel dalam sehari. Namun, tak menutup kemungkinan bisa lebih dari jumlah tersebut.

“Kami akan upayakan dengan ketersediaan SDM dan kapasitas pengujian yang ada. Insyaallah bisa lebih, sampai 96 sampel bisa,” ungkap Risman di kantornya.

Namun, lanjutnya, jika dirata-ratakan, sampel yang diterima sejauh ini baru 20 per hari. “Padahal target kita 50 sampel per hari,” imbuh Risman.

Ia menyebutkan, tim penguji yang khusus menangani sampel swab Covid-19 berjumlah 20 orang. Mereka bekerja Senin-Sabtu.

“Namun, kalau ada sampel yang urgen, kami lakukan juga hari Minggu,” kata Risman.

Ia juga mengungkapkan, hasil pengujian sampel bisa diketahui dalam sehari. Tetapi sampel tersebut harus masuk sebelum pukul 10.00 pagi.

“Untuk kecepatan uji kami, sampel yang masuk sebelum jam 10.00 pagi, akan diuji pada hari itu. Insyaallah sore sudah keluar. Paling lambat jam 08.00 malam,” jelasnya.

Sedangkan sampel yang masuk di atas pukul 10.00 pagi, akan diuji hari berikutnya.

Kecepatan dan kapasitas pengujian di BBVet Maros relatif bisa menghindarkan tiga kabupaten yang ditangani dari simpang siur tes. Seperti yang terjadi di Kota Makassar. Hasil swab baru keluar beberapa hari.

Itu menyebabkan sejumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal tak segera mendapat kepastian, padahal mesti dikebumikan. Hasilnya kemudian ada yang memang positif, namun ada juga yang negatif. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts