BMKG: Maros Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Maros, Hartanto. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Masih ada potensi hujan di Maros bulan ini. Bahkan intensitasnya sedang hingga lebat.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Maros, Hartanto, menjelaskan, BMKG pusat telah mengeluarkan peringatan dini untuk Sulawesi Selatan. Masih harus mewaspadai potensi hujan. Tak terkecuali Maros.

Read More

“Di wilayah Maros, masih ada potensi hujan deras, tetapi kita prakirakan tidak sampai seekstrem di wilayah Bantaeng,” ungkap Hartanto yang ditemui di kantornya, Sabtu, 13 Juni 2020.

Ia menyebutkan, prakiraan potensi hujan tersebut berlangsung hingga Kamis, 18 Juni mendatang. Karenanya, warga Maros diminta tetap waspada.

“Kondisi cuaca yang cenderung tidak stabil, panas hujan, bisa berpotensi meningkatkan kecepatan angin sesaat,” katanya.

Kondisi tersebut, lanjut Hartanto, bisa menyebabkan potensi hujan ekstrem. “Kita waspadai seperti pohon tumbang,” ujarnya.

Namun, saat ini prakiraan kecepatan angin masih 5-15 knot. “Masih normal,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros, Fadli, mengatakan, pihaknya sudah merespons prediksi BMKG terkait cuaca ekstrem. Tim tanggap bencana pun mulai disiagakan.

“Tentu saja kita sudah menyiapkan tim satgas yang sewaktu-waktu siap memberikan bantuan dalam hal tanggap bencana,” ungkapnya.

BPBD sekaligus memberdayakan potensi-potensi yang ada di kewilayahan, seperti Desa Tangguh Bencana (Destana). Warga diminta untuk ikut memantau dan melaporkan apabila ada potensi bencana yang akan terjadi.

“Namun, secara keseluruhan kita mengharapkan kepada warga untuk melaksanakan pencegahan dini, seperti membersihkan lingkungan di sekitar domisili masing-masing,” imbau Fadli. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts