Air Bersih untuk Warga Bontoa Siap Disuplai Tahun Ini

Seorang pekerja konstruksi tandon menunjukkan saluran pipa air bersih di Bontojolong, Kelurahan Raya, Kecamatan Turikale, Rabu, 17 Juni 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Ada solusi baru untuk mengatasi krisis air bersih di Kecamatan Bontoa. Tahun ini reservoir atau tandonnya tengah dirampungkan.

Lokasinya ada di dua titik, yakni di Bontojolong dan area Balitsereal. Kedua tandon itulah yang nantinya menyuplai air besih ke Bontoa.

Read More

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maros, Fitri, menjelaskan, pihaknya telah mengadakan uji geolistrik sebelumnya di wilayah Bontoa. Namun, tak ditemukan sumber air bersih.

“Hasilnya asin. Memang sumber air bersih yang terdekat itu di Balitjas (sekarang Balitsereal) dan Bontojolong,” ungkap Fitri yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 17 Juni 2020.

Ia mengatakan, pembangunan reservoir sebenarnya sudah berjalan sejak 2019. Tahun ini sisa tahap finishing.

“Tahun lalu nilai kontraknya Rp880 juta untuk reservoar (reservoir), pipanya Rp1,4 miliar. Tahun ini finishing reservoar (reservoir) Rp600 juta, pipa Rp1 miliar,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pipa yang terpasang sekarang sudah sejauh 8,3 km. “Sudah masuk ke kantor camat (Bontoa),” katanya.

Kemudian, tahun ini dilanjutkan lagi sejauh 8 km. Sehingga total panjang pipa sekitar 16 km. “Tahun ini kita lanjut sampai ke Pasar Pajukukang,” ungkap Fitri.

Pengadaan fasilitas air bersih ini ditargetkan rampung Oktober 2020. “Insyaallah November sudah bisa digunakan,” imbuhnya.

Nantinya, pipa tersebut bakal terhubung ke bak-bak hidran yang akan dibangun di wilayah Bontoa. Rencanya dipasang di fasilitas umum, seperti masjid, puskesmas, atau gedung pemerintah.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Air Bersih, Munawir, menambahkan, kapasitas tandon yang dibangun berkisar 200 meter kubik. Masing-masing 100 meter kubik di Bontojolong dan Balitjas.

“Jadi, prosesnya, air diambil dari sumur bor, lalu ke kolam penampungan. Kemudian ke atas tandon. Nah, dari tandon dilempar ke jaringan pipa untuk masyarakat,” jelasnya. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts