Sudah 5 Nakes Terpapar Covid-19, Tim Gugus Khawatir

Tenaga kesehatan (nakes) saat bertugas melakukan rapid test di lingkup Kantor Bupati Maros akhir April lalu. (FOTO: DOK/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Penularan Covid-19 pada tenaga kesehatan (nakes) patut juga diantisipasi di Maros. Sejauh ini sudah lima orang yang terpapar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maros, dr Syarifuddin, menyebutkan, mereka bertugas di RSUD Salewangang. Namun, tiga di antaranya sudah sembuh.

Read More

“Ada dokter 1 orang , perawat 3 orang, dan bidan,” sebut Syarifuddin yang ditemui di kantornya, Senin, 22 Juni 2020.

Ia pun mengaku sangat mengkhawatirkan kondisi tersebut. Jangan sampai jumlah nakes yang terpapar bisa bertambah.

“Yang kita khawatirkan ke depan adalah kolapsnya rumah sakit. Kalau makin banyak yang sakit, sementara di rumah sakit juga sudah ada yang kena? Anggotanya diisolasi. Siapa yang mau layani?,” katanya.

Karenanya, ia berharap, bagi warga yang tak memiliki gejala berat, cukup melakukan isolasi mandiri saja. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan terhadap nakes dan rumah sakit.

Syarifuddin juga mengatakan, makanya perlindungan terhadap nakes harus selalu dijamin. Baik Alat Pelindung Diri (APD) maupun kesehatannya.

“Bukannya mau membeda-bedakan. Kasihan kalau orang yang mau menolong, sakit. Jadi kita utamakan,” ujar dr Syarif, sapaan karib Syarifuddin. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts