Bank Sulselbar Ikut Bantu Gerakan Macca di Maros

Penyerahan gerobak baca dan bantuan lainnya dari Bank Sulselbar Cabang Maros kepada SDN 39 Kassi, Maros. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Gerakan Maros Cinta Baca (Macca) jalan terus. Rabu, 24 Juni 2020, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir, meresmikan beberapa sarana baca di SDN 39 Kassi, Maros.

Sekolah tersebut memang membangun beberapa sarana. Mulai dari Baruga Baca, Lorong Baca, Gazebo Baca, Taman Baca, Teras Baca, dan beberapa lagi. Semuanya di luar kelas.

Read More

SDN 39 Kassi adalah salah satu sekolah percontohan Macca, kampanye baca berbasis sekolah. Penyediaan tempat-tempat membaca bagi siswa tersebut turut didukung oleh Bank Sulselbar Cabang Maros.

Kepala Bank Sulselbar Cabang Maros, Hazjul menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa gerobak baca dan buku bacaan.

“Sebagai bank milik pemerintah daerah, kami perlu mendukung program-program pemerintah, apalagi yang sangat positif seperti ini,” ujarnya.

Hazjul menyebut, pihaknya begitu mengapresiasi Macca ini. “Anak-anak diajak rajin membaca sejak dini. Itu adalah bekal baik untuk mereka menggapai masa depan,” tambahnya.

Ke depan, Bank Sulselbar Cabang Maros masih akan ikut mendukung rangkaian kegiatan Macca. Hazjul bilang bahwa pihaknya juga siap jika diberi ruang berbagi pengetahuan kepada para siswa. Terutama mengenai gemar menabung sejak dini.

“Apalagi kami juga punya produk Simpel. Simpanan Pelajar. Saya kira bisa menjadi sarana bagi siswa untuk membiasakan diri menabung,” ucap Hazjul.

Kepala SDN 39 Kassi Maros, Andi Nengsi menuturkan, sekolah sengaja membangun berbagai sarana baca di luar kelas untuk menggairahkan semangat membaca para siswa.

“Kami sadar bahwa siswa butuh motivasi untuk membaca. Makanya kami berupaya semaksimal mungkin menggagas ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir menuturkan, program ini akan digencarkan pada semua sekolah. Namun untuk tahap awal, dibuat percontohan. Dua belas sekolah dipilih.

Sekolah-sekolah percontohan Macca adalah SMP 22 Bantimurung, SMP Angkasa, dan SMP 6 Moncongloe untuk tingkat sekolah menengah pertama. Kemudian ada SDN 39 Kassi, SDN 145 Pampangan, SDN 35 Paopao, SDN 173 Manngai, SDN 63 Sambueja, SD 21 Sanggalea, SD 96 Carangki, SD 56 Pattontongang, dan SD 121 Kakabbirang di tingkat sekolah dasar.

“Sekolah yang kami pilih adalah yang menjadikan budaya baca sebagai hasil inovasi sekolahnya. Saat ini kami mewajibkan semua sekolah memiliki ciri inovasi yang lahir dari ide sekolah masing masing-masing,” ujar Takdir. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts