Baznas Maros Pilih Sembelih Hewan Kurban di Unhas

Ketua Baznas Maros, Said Patombongi, (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Baznas Kabupaten Maros telah menyiapkan lima hewan kurbannya untuk tahun ini. Rencananya akan disembelih di Fakultas Peternakan Unhas.

Ketua Baznas Maros, Said Patombongi, mengungkapkan, jumlah hewan kurban meningkat. Tahun lalu cuma dua ekor sapi.

Read More

“Tahun ini ditingkatkan menjadi lima ekor. Kita juga sudah jauh-jauh hari mencari titik penerima agar terdistribusi dengan baik,” katanya, Rabu, 8 Juli 2020.

Ada lima kecamatan yang disasar tahun ini, yakni Mandai, Tompobulu, Camba, Marusu, dan Lau. Baznas akan berkontribusi pada desa yang dianggap betul-betul membutuhkan.

“Jangan cuma orang di kota saja. Kita kasihan, mungkin di lokasi itu belum ada orang yang berkurban,” tutur Said.

Ia juga mengungkapkan, tahun ini pihaknya mendapat arahan bahwa penyembelihan hewan harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19. Karenanya, Baznas memilih lembaga yang berkompeten.

“Kita percayakan ke Fakultas Peternakan Unhas. Jadi, kita hanya terima setelah dikantongkan. Untuk memberi kepastian hewan kurban kami sehat. Steril,” ungkapnya.

Tahun lalu, kata dia, masih konvensional. Pihak Baznas menyembelih sendiri. “Kita yang potong dan paketkan. Sekarang kita tidak boleh main-main. Harus sesuai standar,” imbuh Said.

Wakil Ketua Baznas Maros, Mager, menambahkan, program ini dinamakan Kurban Berdayakan Desa (KBD). Pusat menugaskan Baznas Maros untuk menyembelih lima ekor.

“Tahun ini sudah ditambah jumlahnya. Tahun depan ada lima ekor juga,” ujarnya.

Adapun penerima tahun ini berkisar 700 mustahik. Sedangkan tahun lalu sekitar 300 mustahik. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts