Kadis Sosial Sesalkan Penyaluran BST Abaikan Jaga Jarak

Warga berdesak-desakan dalam penyaluran BST tahap kedua di di Kantor Gabungan Organisasi Maros, Rabu, 8 Juli 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Bantuan Sosial Tahap (BST) Kemensos tahap kedua sudah cair. Warga pun langsung menyerbu lokasi penyaluran.

Khusus Turikale, dipusatkan di Kantor Gabungan Organisasi Maros, Rabu, 8 Juli 2020. Mereka rela berdesak-desakan demi mendapatkan bantuan tersebut. Tak ada lagi physical distancing.

Read More

Kepala Dinas Sosial Maros, Prayitno, mengatakan, ini penyaluran pertama untuk BST tahap kedua. Digelar di dua kecamatan, yakni Turikale dan Tompobulu.

“Turikale ada 1.300 penerima. Kemudian, Tompobulu 300 orang,” sebut Prayitno yang memantau proses penyaluran.

Ia menjelaskan, penyaluran di wilayah Turikale sebenarnya sudah dibagi menjadi dua titik. Selain di Kantor Gabungan Organisasi, ada juga di kantor PT Pos.

“Ternyata lari ke sini semua pegawai Pos-nya, akhirnya terkumpul di sini. Saya menyesalkan karena mereka tidak mau social distancing. Padahal sudah kami atur,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, bagi warga yang belum mendapatkan BST di tahap kedua diharapkan bersabar. Penyebabnya juga belum diketahui dari pusat.

“Kita tunggu laporannya, kita rekap, kemudian dilaporkan. Kita hanya bisa melaporkan dan mengusulkan kembali yang tahap pertama jadi penerima, tetapi di tahap kedua tidak,” katanya.

Adapun total penerima yang terdaftar dalam BST tahap dua sebanyak 11.619 KK dari kuota 14.292. Sedangkan BST tahap satu 13.476 KK.

Sementara itu, Pengelola Data Bantuan Sosial Darwis, menambahkan, penerima yang namanya terdata di tahap satu, tetapi tidak ada di tahap kedua agar bersabar. Perintah bayar dari Kemensos ke pihak PT Pos masih ditunggu.

“BST ini disalurkan selama 7 hari ke depan di 14 kecamatan,” sebutnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts