Senin, Siswa di Maros Mulai Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Maros, Takdir. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM –¬†Sesuai kalender pendidikan, tahun ajaran baru dimulai Senin, 13 Juli 2020. Sekolah di Maros pun sudah siap melaksanakannya. Mulai dari TK, SD, hingga SMP.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Maros, Takdir, mengatakan, pembelajaran terdiri atas dua model, daring dan luring. Tergantung dari kondisi sekolahnya.

Read More

“Baik daring maupun luring, tidak boleh tatap muka,” kata Takdir yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 9 Juli 2020.

Ia mengungkapkan, sebelumnya Disdik punya rencana pembelajaran tatap muka tetap bisa dilaksanakan di sejumlah kecamatan. Minimal satu sekolah per kecamatan.

“Tetapi dengan adanya edaran menteri, tatap muka tidak bisa kita lakukan. Hanya bisa di daerah zona hijau,” imbuhnya.

Takdir menjelaskan, panduan model pembelajaran pun sudah dirampungan. Untuk pembelajaran daring, siswa hanya diminta untuk mengambil modul pembelajarannya di hari pertama sekolah. Selanjutnya, pertemuan akan digelar secara daring.

Disdik juga telah mengidentifikasi siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran daring. “Karena berbagai hal. Mungkin kuotanya tidak ada, hp tidak ada, atau jaringan lagi tidak bisa,” kata Takdir.

Ia mencontohkan, dalam satu kelas misalnya. Terdapat lima siswa yang kesulitan. Solusinya, guru yang harus datangi atau orang tuanya yang ambil tugas ke sekolah.

“Pokoknya semua harus ikut belajar. Kalau ada yang tidak bisa, gurunya harus cari cepat,” imbaunya.

Sementara itu, sekolah yang menerapkan pembelajaran luring berlaku pada wilayah yang sangat kesulitan jaringan. Misal, di Tompobulu, Moncongloe, Tanralili, Simbang, Mallawa, Camba, dan Cenrana.

“Saya tidak bisa hitung jumlah sekolahnya, tetapi sekitar 60 persen sekolah di Maros seperti itu,” sebut eks Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Maros ini.

Takdir menambahkan, siswa yang belajar luring datang mengambil tugas ke sekolah yang diwakili orang tuanya. Setelah itu langsung pulang.

“Nanti 2-3 hari kemudian, baru datang kembali menyetor,” ungkapnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts