Hanya 4 Hari, Pasien Pertama Covid-19 dari Cenrana Dinyatakan Sembuh

Dua kali uji swab pasien pertama Covid-19 dari Kecamatan Cenrana menunjukkan hasil negatif. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Orang pertama di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, yang dinyatakan positif corona oleh Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Maros, diumumkan sembuh, Sabtu, 11 Juli.

Perempuan 51 tahun itu praktis hanya empat hari menyandang status pasien Covid-19 dan dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Dua kali uji swab menunjukkan hasil negatif.

Read More

Hasil tersebut sesuai dengan prediksi keluarga pasien. Kepada MataMaros.com, seorang anak dari pasien itu mengaku kaget dengan penetapan ibunya sebagai pasien Covid-19. Sebab, ibunya hanya pergi ke RS Wahidin untuk transfusi darah. Rutinitas yang dilakukannya setiap bulan sejak beberapa tahun terakhir karena tumor.

“Tiba-tiba di-swab dan dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Makanya, pihak keluarga sempat meminta agar pasien menjalani isolasi mandiri di rumah saja. Sebab, lanjutnya, tidak ada gejala yang dirasakan. Pertimbangan lain adalah kondisi psikologis perlu dijaga. Status sebagai pasien positif Covid-19 dan dirawat tanpa didampingi keluarga dianggap akan memukul kejiwaan pasien.

Namun, pasien dinyatakan sembuh duluan. Kini sudah di rumah didampingi keluarga yang semuanya juga dinyatakan tak terindikasi Covid-19. Hasil uji rapid semuanya non reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Maros, dr Syarifuddin menuturkan, pihaknya hanya mengikuti data dari gugus tugas tingkat provinsi.

“Penetapan status positif dilakukan tim provinsi. Bukan kami,” ucapnya.

Pasien itu dinyatakan sembuh bersama lima orang lainnya, kemarin. Tiga dari Turikale, satu Moncongloe, dan satu Tanralili.

Data terbaru menunjukkan, dari total 255 pasien positif, sudah 167 yang sembuh. Sisa 14 orang yang dirawat dan 68 orang lainnya isolasi mandiri.

Kemarin, tambahan pasien positif ada tiga orang. Seorang perempuan 45 tahun di Lingkungan Butta toa Selatan, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale. Seorang perempuan 43 tahun di Dusun Bugis, Desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai. Seorang perempuan 26 tahun di Dusun Biring Je’ne, Desa Moncongloe, Kecamatan Moncongloe. Ketiganya isolasi mandiri di rumah. (fik) 

Penulis : | Editor :

Related posts