Hari Pertama Sekolah, Ambil Modul Langsung Pulang

Kantor Dinas Pendidikan Maros. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang dahulunya dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) ditiadakan. Hari pertama masuk sekolah, Senin, 13 Juli nanti dibuka hanya untuk pengambilan modul pembelajaran saja.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Maros, Takdir, menjelaskan, modul hanya boleh diambil orang tua. Aturan sebenarnya, siswa tak dibolehkan ikut.

Read More

“Sebenarnya anak-anak tidak bisa datang. Tetapi kita tidak bisa larang juga. Kalau sudah di sekolah, masa disuruh pulang,” katanya, Jumat, 10 Juli 2020.

Karenanya, Disdik akan melihat perkembangan kondisimya di sekolah. “Kita sebenarnya mau buat se-fleksibel mungkin. Kita kembalikan ke kreativitas sekolah bagaimana mengaturnya,” ujar Takdir.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Maros, Jabaruddin Pasuloi, menjelaskan, hari pertama sekolah memang untuk mengambil modul saja. Setelah itu, tak ada lagi aktivitas lain untuk berlama-lama di sekolah.

“Tak ada sistem pengenalan sekolah. Datang ambil modul, langsung pulang. Paling hanya sekitar sejam di sekolah,” ungkapnya.

Siswa tetap datang ke sekolah. Hanya sekadar diarahkan untuk mengenal wali kelas dan guru-gurunya.

Pihak sekolah menjamin tak ada kerumunan karena pertemuan ini dibagi per sesi. Sehari, rencananya ada dua sesi.

“Kan ada 10 rombel. Jadi kegiatan ini berjalan selama 5 hari,” jelas Jabar, sapaan karib Jabaruddin.

Setelah kegiatan tersebut, mereka diberi modul dan diminta langsung pulang ke rumah. Modul pemebelajaran daring inu berlaku untuk beberapa kali pertemuan.

“Misal per lima kali pertemuan. Jadi, setelah itu, modul diambil lagi di sekolah. Tetapi bukan siswa lagi yang datang, melainkan orang tuanya,” kata Jabar. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts