Chaidir Syam Lirik Pengembangan Pariwisata di Tompobulu

Salah satu rangkaian acara pada pesta panen di Dusun Baru, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Senin, 13 Juli 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Wakil Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam menilai pesta panen di Kecamatan Tompobulu berpotensi menjadi daya tarik baru bagi wistawan nantinya. Tradisinya sudah langka.

Ia ikut menyaksikan berbagai prosesi adat tradisonal di Dusun Baru, Desa Bontomanurung itu, Senin, 13 Juli 2020. Mulai dari dengka ase lolo (pesta panen), allanja (adu betis), dan balianja (adegan menghalau orang jahat yang mengganggu kampung).

Read More

“Prosesi ini sudah langka dan hanya dilaksanakan dua tahun sekali. Sehingga harus tetap dilestarikan,” tuturnya.

Bakal calon bupati Maros ini mengaku ingin memberi perhatian terhadap pengembangan budaya tersebut. Menurutnya, tradisi ini memiliki potensi yang baik dalam menarik kunjungan wisata di Maros ke depannya.

Selain soal tradisi, Chaidir juga melirik wilayah tersebut memiliki potensi pembuatan gula merah yang sangat baik. Begitu pun tuak manis yang jadi minuman ciri khas.

“Insyaallah potensi seperti inilah yang akan menjadi perhatian serius kita semua karena sangat berpotensi dalam pengembangan perekonomian masyarakat,” ungkapnya. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts