Pengenalan Sekolah Digelar via YouTube, Ada yang Titip Nomor Tetangga

Guru SMPN 1 Maros memperlihatkan model pengenalan lingkungan sekolah via Youtube, Senin, 13 Juli 2020. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Tahun ajaran baru resmi dibuka, Senin, 13 Juli 2020. Kegiatan hari pertama merupakan pengenelan lingkungan sekolah yang digelar berbeda-beda.

Khusus di SMPN 1 Maros, pengenalan lingkungan sekolah digelar via Youtube. Siswa diberi laman di grup WhatsApp, lalu menontonnya.

Read More

Urusan Kurikulum SMPN 1 Maros, Eda, menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Tiap harinya, siswa menerima video yang berbeda-beda. Durasinya sekitar 20 menit.

“Hari pertama tentang profil sekolah, hari kedua tentang tata tertib dan eskul (ekstrakurikuler), hari ketiga strategi pembelajaran masa pandemi,” jelasnya.

Ia mengatakan, bagi yang terkendala sistem daring diharapkan bisa bergabung ke siswa lain. Bisa nonton bersama-sama.

“Bisa lewat keluarga, tentangga, atau teman-temannya. Ada juga yang kami terima memang nomor tetangganya,” imbuh Eda.

Setelah masa pengenalan lingkungan sekolah, pihak sekolah akan menyiapkan pembagian modul pembelajaran. Sisa sesinya yang diatur antara kelas IX, VIII, dan VII.

“Kita tetap pakai protokol kesehatan pandemi. Supaya tidak ketemu-ketemu siswanya,” ungkapnya.

Pembagian modul ini, kata Eda, ditargetkan selesai dalam dua minggu. Adapun jumlah siswa baru sekitar 320 orang.

Sementara itu, di SDN 3 Maros, pengenalan lingkungan sekolah tetap mengundang orang tua. Mereka diarahkan keliling sekolah lalu menyampaikan informasinya ke masing-masing anak.

“Kami suruh video kelas dan gurunya. Jadi nanti diperlihatkan ke anaknya di rumah kalau ini kelasnya dan ini gurunya,” kata Vermawati, Kepala SDN 3 Maros.

Ia mengatakan, cara pengenalan lingkungan sekolah memang diserahkan ke masing-masing sekolah. “Yang jelasnya jangan ada siswa yang datang,” ungkapnya. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts