BPN Maros Target Pembebasan Lahan KA Tuntas Bulan Depan

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Maros, Andi Sufiarma. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Pembebasan lahan Kereta Api (KA) di Maros ditarget tuntas bulan depan. Saat ini masih tersisa ratusan bidang lahan yang masih dalam tahap penilaian dan konsinyasi.

Total lahan yang terkena pembebasan lahan KA di Maros sebanyak 939 bidang. Rinciannya, fasum 81 bidang, terbayar dan proses pembayaran 216 bidang, sedang dalam penilaian 218 bidang, dan konsinyasi 424 bidang.

Read More

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Maros, Andi Sufiarma, mengatakan, sebenarnya pembebasan lahan terhambat karena keputusan pemilik. Banyak yang tidak setuju.

“Kenapa ini tidak lancar? Karena masyarakat tidak setuju. Yang bergurlir di pengadilan sekarang ada 424 bidang. Kita sudah titip,” katanya, Rabu, 22 Juli 2020.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat bersama Kejati Sulsel. Pembebasan lahan harus segera dituntaskan.

“Agustus selesai. Maksudnya, selesai dibayar di BPN mapun dibayarkan ke pengadilan,” jelasnya.

Bagi pemilik lahan yang belum setuju, dipersilakan datang ke pengadilan.”Kalau 424 ini tetap tidak setuju, uang yang kita titip ke sana (pengadilan).┬áKapan saja warganya mau, silakan ke pengadilan ambil,” kata Sufiarma.

Target tuntas bulan depan, lanjutnya, termasuk untuk lahan yang masih dalam tahap penilaian saat ini. Jumlahnya 218 bidang.

“Tim appraisal sudah sementara jalan menilai,” ujar Andi Upi, sapaan karib Sufirama. (abr)

Penulis : | Editor :

Related posts