Mendikbud Izinkan 5 Kabupaten di Sulsel Buka Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. (FOTO: IST)

JAKARTA, MM – Lima kabupaten di Sulsel sudah dibolehkan menggelar pembelajaran tatap muka. Pinrang, Bone, Barru, Takalar, dan Luwu Utara yang masuk zona kuning Covid-19 dinilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, memenuhi syarat untuk itu.

Jika ditotal dengan zona hijau, ada 276 kabupaten/kota yang dibolehkan meninggalkan pembelajaran jarak jauh. Sedangkan 238 kabupaten/kota lainnya berada di zona merah dan oranye belum dapat izin.

Read More

“(Tetapi) bukan memaksakan. Pembelajaran tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat,” ujar Nadiem.

“Untuk zona hijau dan kuning diperbolehkan, bukan dimandatkan, dipaksakan. Tapi tentunya dengan protokol-protokol yang ada,” sambungnya.

Kemendikbud mencatat ada 43 persen siswa yang berada di zona hijau dan kuning. Sedangkan 57 persen lainnya berada di zona merah dan oranye.

Status zonasi ini dilakukan per kabupaten/kota berdasarkan data Satuan Tugas Nasional Covid-19. Sedangkan untuk pulau kecil, status zonasi menggunakan zona pulau kecil berdasarkan pemetaan satuan tugas provinsi atau kabupaten/kota setempat.

Belum ada nama Maros dalam daftar tersebut. Sebab memang pasien positif Covid-19 di daerah ini masih terus bertambah. Per Minggu, 9 Agustus 2020, kasus positif (terkonfirmasi) ada 418 orang. Dengan rincian 14 orang simptomatik (konfirmasi dengan gejala), 38 orang asimptomatik (konfirmasi tanpa gejala), 352 orang sembuh, dan sembilan meninggal. (abr)

Sudah Boleh Belajar di Sekolah

1. Luwu Utara
2. Bone
3. Barru
4. Takalar
5. Pinrang

Penulis : | Editor :

Related posts