Rombongan Paslon Mendaftar di KPU Maros Dibatasi

Kantor KPU Maros di Jl Asoka, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale. (FOTO: DOK/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati Maros tersisa beberapa hari lagi. Namun, sebelum memasuki tahapan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros bakal menggelar simulasi, Rabu, 2 September 2020.

Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mujaddid, mengatakan, lewat simulasi inilah efektivitas pendaftaran bisa diukur. Khususnya soal kapasitas dan durasi pendaftaran.

Read More

“Kalau dalam taksiran kami, sekitar 30-40 orang maksimal untuk setiap bakal pasangan calon,” ungkap Mujaddid di kantornya, Senin, 31 Agustus 2020.

Ia menjelaskan, ketentuan junlahnya tidak boleh melebihi dari setengah kapasitas ruangan. “Kalau aula kita kan muat sampai 100. Cuma untuk efektifnya penerapan protokol kesehatan, kita atur di bawah 50 orang,” imbuhnya.

Jika masih ada rombongan lain, lanjut Mujaddid, KPU kemungkinan menyiapkan layar di luar ruangan. “Supaya mereka bisa melihat bagaimana kondisi pendaftaran di dalam (ruangan),” kata dia.

Ia menegaskan, proses ini betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Dokumen pendaftaran juga harus memakai plastik dan disterilisasi.

“Kami juga mengupayakan pada saat penyerahan menggunakan sarung tangan,” ungkapnya.

Muhaddid menambahkan, khusus durasi masih belum ada batasan. Namun, berdasarkan hasil simulasi di KPU Sulsel, waktu pendaftaran tiap bakal pasangan calon yang dibutuhkan sekitar 2-3 jam.

Adapun jadwal pendaftaran bakal pasangan calon dibuka 4-6 September mendatang. (kar)

Penulis : | Editor :

Related posts