Lagi, Jurnalis MataMaros.com Menang Lomba Karya Jurnalistik Nasional

Pengumuman pemenang Lomba Karya Jurnalistik Energi untuk Indonesia Kementerian ESDM, Selasa, 29 September 2020. (FOTO: SS)

JAKARTA, MM – Ada orang Maros di deretan pemenang Lomba Karya Jurnalistik “Energi untuk Indonesia” 2020 Kementerian ESDM RI. Dia adalah Imam Dzulkifli, wartawan MataMaros.com.

Dzul meraih juara ketiga kategori karya tulis. Pengumuman dilakukan di Jakarta, Selasa, 29 September 2020. Menteri ESDM, Arifin Tasrif yang membuka acara.

Read More

Tulisan Dzul berjudul “Energi Terbarukan yang Menghindarkan Masyarakat dari Sakit di Jantung dan Dompet” mampu mencuri perhatian juri yang diketuai Usman Kansong, Ketua Dewan Redaksi Media Group, eks Direktur Pemberitaan Media Indonesia.

“Selain kesesuaian tema, penilaian kita yang tak kalah penting menyangkut gaya bahasa. Sebab temanya cukup berat jadi mesti dikemas ringan dan menarik,” ujar Usman.

Juara pertama diraih Amal Taufik dari Warta Bromo dengan tulisan “Mengunjungi Pesantren Mandiri Energi di Pasuruan”. Juara kedua disabet Hartatik dari Suara Merdeka dengan karya “Berburu Energi Baru dari Timbunan Sampah”.

Dzul mengaku sempat kurang yakin bisa menang. Sebab dari ratusan karya, dikurasi menjadi 25 terbaik lalu diperas lagi menjadi 13.

Imam Dzulkifli. (FOTO: DOK)

“Dan dari 13 nominasi itu berasal dari media besar semua,” tutur eks wartawan Harian FAJAR Makassar itu.

Setelah keluar tiga pemenang, 10 yang tersisa ditetapkan sebagai juara harapan. Mereka adalah Afut Syafril Nusyirwan (Antara), Alija Maghribi (Tribun Medan), Deddy Heryadi Hassan (ruangenergi.com), Effran Kurniawan (Lampung Post), Eko Widianto (terakota.id).

Ada juga Palce Amalo (Media Indonesia), Ratna Irtatik (Batam Pos), Jamil Januansyah (Kalteng Pos), Muflihun Hidayatullah (tambang.co.id), Suci Sedya Utami (medcom.id).

Sedangkan di kategori bloger, penulis asal Sulsel, Ahmad Amiruddin jadi yang terbaik dengan karya “Angin Segar Energi Terbarukan dari Sulawesi”. Disusul Purwanto Putra (Potensi Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan Berbasis Masyarakat Adat) dan Safira Candra Asih (Energy Storage: Kunci Pendukung Pengembangan Energi Baru & Terbarukan).

Khusus bagi Dzul, ini gelar kedua tahun ini dari dua lomba tingkat nasional yang diikuti. Pada Agustus lalu, pria pencinta sepak bola dan teh panas ini juga meraih juara ketiga Lomba Penulisan Artikel Hari Perumahan Nasional 2020 yang digelar Kementerian PUPR. (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts