Sakatama Jajaki Kerja Sama Pemenuhan Rumah Pegawai RRI

Rombongan RRI Makassar meninjau lokasi destinasi wisata yang dibangun Sakatama di samping perumahan Bukit Indah Kapuk. (FOTO: IST)

MAROS, MM – PT Sanusi Karsa Tama (Sakatama), pengembang perumahan di Kabupaten Maros sedang menggagas kerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Dalam hal pemenuhan hunian bagi pegawai lembaga penyiaran milik pemerintah itu.

Senin, 5 Oktober 2020, pimpinan RRI sudah melakukan kunjungan ke Bukit Indah Kapuk (BIK) di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, salah satu perumahan yang dikembangkan Sakatama. Di sana ada tiga klaster. Ada rumah subsidi, rumah vila, dan rumah toko (ruko).

Read More

Nah, klaster yang dijajaki ini adalah rumah bersubsidi. Sebab peruntukannya bagi pegawai RRI, termasuk CPNS yang akan bergabung dalam waktu dekat ini.

“Kita dipilih karena pihak RRI sering mendengar, melihat, dan membaca pemberitaan soal Sakatama dan rumah subsidinya. Alhamdulillah, respons sangat bagus. Bahwa yang dicitrakan selama ini memang benar,” ujar Abdul Salam, owner Sakatama.

Sakatama memang jadi salah satu mitra pemerintah dalam penyediaan rumah bersubsidi. Di Bukit Indah Kapuk itu misalnya, sudah ada 300-an unit rumah yang terbangun dengan tingkat hunian di atas 40 persen.

Sakatama mulai ikut mengurusi rumah bersubsidi kira-kira pada 2015, setelah menyaksikan tayangan pencanangan program pembangunan sejuta rumah untuk rakyat yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Ungaran, Jawa Tengah.

Kebetulan ada lahan perusahaan yang kosong di Moncongloe. Di lahan itulah terbangun Bumi Salam Sejahtera (BSS) 1 dengan 122 unit rumah di dalamnya. Diikuti BSS 2 yang memiliki 446 unit rumah, di sekitar situ juga.

Perumahan Bukit Indah Kapuk dipotret menggunakan drone. (FOTO: IST)

Sakatama dalam relatif waktu singkat mampu membangun banyak rumah. Sebab BSS Land Mandai, beberapa kilometer dari BSS 1 dan BSS 2, juga mampu diwujudkan. Kini sudah ada 800 unit rumah di situ dan Salam yakin bisa membangun hingga 2.500 unit. Ditambah lagi Bukit Indah Kapuk dengan target 1.500 unit rumah bersubsidi.

Untuk kerja sama dengan RRI, perumahan yang disiapkan ada dua. Bukit Indah Kapuk dan BSS Land Mandai. Jumat depan direncanakan sudah tahap Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Sakatama dan RRI, serta BTN sebagai lembaga pembiayaannya.

“Kami support penuh niat baik ini. Apalagi misinya untuk pengadaan rumah bagi pegawai, termasuk pegawai baru, sebelum mereka terlibat cicilan lain. Hunian memang paling urgen,” imbuh Salam. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts