Setahun Kepemimpinan Andi Patarai Amir di DPRD Maros; “Untung Ada Madu Mallawa”

Andi Patarai Amir. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Hari ini Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir membagikan kenangan di Facebook. Setahun kepemimpinannya di pucuk jabatan legislatif. Sudah lewat setahun sebenarnya. Dia dilantik sebagai ketua definitif pada 3 Oktober 2019.

“Baru sempat posting,” ujarnya.

Read More

Bahkan untuk menekan opsi share di menu kenangan media sosial pun baru sempat. Sesibuk apa seorang ketua DPRD di Butta Salewangang? Bagaimana keseharian Ketua DPD II Partai Golkar Maros itu?

Berikut petikan wawancara MataMaros.com dengan Patarai, Senin, 12 Oktober 2020;

Sudah setahun mengemban amanah itu, bagaimana rasanya?

Supersibuk! Luar biasa agenda kegiatan. Rasanya 24 jam tidak cukup.

Tetapi kan Anda sudah pernah menjabat wakil ketua DPRD.

Beda. Waktu wakil ketua, jarang disposisi surat ke saya. Dari ketua biasanya langsung ke komisi terkait. Sekarang, malah saya yang mendisposisi. Kebanyakan saya teruskan. Tetapi ada juga yang agendanya harus saya ikuti sendiri.

Jadi seharian di kantor itu membuat lelah juga?

Seharian memimpin rapat dengan berbagai agenda itu lebih melelahkan daripada keliling menghadiri acara-acara.

Pukul berapa baru pulang ke rumah?

Malam. Sesekali sempat pulang sore, tetapi hanya mandi lalu lanjut lagi agenda-agenda.

Pasti ada momen sangat melelahkan. Saat-saat apa saja?

Cukup sering. Kadang kalau seharian rapat di kantor, pulangnya terasa linglung. Dan tidak bisa langsung tidur. Tetapi begitulah situasinya. Sebulan sekali saya panggil tukang urut ke rumah.

Suplemen apa yang Anda konsumsi?

Sejak dahulu saya tidak terbiasa dengan suplemen. Paling hanya madu. Madu Mallawa. Setiap pagi saya langsung teguk dari botol, minum air putih, sudah. Masih muda kok. Hehehe.

Bagaimana dengan olahraga?

Sejak jadi ketua DPRD, boleh dikata saya tidak sempat berolahraga lagi. Beda waktu anggota biasa. Rutin olahraga. Saya naik motor trail, lari, dan sepeda. Sekarang tidak bisa sesering itu. Jarang, bahkan jarang sekali.

Hubungan dengan pemerintah daerah setahun ini?

Ya cukup harmonis. Baiklah. Tetapi sesekali ada dinamika. Biasalah, cepat cairnya. Walau terkadang agak lama juga. Hehehe.

Harapan Anda kepada legislatif?

Pengalaman saya, ada beberapa rekomendasi DPRD yang tidak dijalankan pemda. Terutama dinas-dinas. Misalnya laporan pertanggungjawaban keuangan, rekomendasi tahun sebelumnya tidak dijalankan dan kesalahan berulang lagi. Atau rekomendasi soal perbaikan layanan rumah sakit, sudah berkali-kali tidak diindahkan. Ke depan saya minta lebih baik lagi. Kita sama-sama menginginkan yang terbaik untuk masyarakat Maros.

Bagaimana internal DPRD Maros?

Bagus situasinya. Tetapi memang fokus ketua sangat diperlukan. Terutama dalam mengatur ritme kegiatan, agenda. Bagaimana mendistribusi itu dengan tepat. Jadi ketuanya memang harus energik. Untung ada madu Mallawa. Hehehe. (*)

Andi Patarai Amir
Lahir: Makassar, 21 Agustus 1975
Pekerjaan: Anggota DPRD Maros
Jabatan: Ketua DPRD Maros
Asal parpol: Golkar
Pendidikan:
1. SD Inpres Tabaringan Makassar
2. SMPN 153 Jakarta Selatan
3. SMA PGRI Maros
4. S1 Fakultas Ekonomi Unhas

Penulis : | Editor :

Related posts