Disiplinkan Warga Pakai Masker Lewat Perbup

Swab test yang diikuti ASN dan honorer OPD Pemkab Jeneponto. (FOTO: IST)

JENEPONTO, MM – Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Jeneponto fokus “menemukan” segera masyarakat yang sedang terpapar virus corona. Swab test secara masif dilakukan. Dimulai dari kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar bahkan menerbitkan peraturan bupati nomor 37 tahun 2020 tentang penerapan kedisiplinan protokol kesehatan. Dia menegaskan kepada Dinas Kesehatan untuk terus melakukan swab tes terhadap semua instansi dan OPD Pemkab Jeneponto.

Read More

Instruksi tersebut ditindaklanjuti oleh tim gerak cepat (TGC) Dinas Kesehatan dengan menyisir OPD untuk melakukan Swab Test terhadap ASN dan tenaga honorer.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Jeneponto, Suryanigrat menuturkan, TGC Dinas Kesehatan terus melaksanakan instruksi bupati.

“Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terjadi karena TGC terus melakukan swab test kepada ASN dan tenaga honorer di setiap OPD dan instansi vertikal,” ucapnya.

Perbup penerapan protokol kesehatan membuat Pemkab Jeneponto bekerja sama dengan Polres dan TNI untuk melakukan penerapan. Ada serial operasi Yustisi gabungan anggota Polres, Kodim, dan Satpol-PP.

Senin lalu misalnya, Kapolres Jeneponto, AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, selaku pelaksana tugas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Jeneponto menyampaikan, operasi yustisi gabungan dilakukan sudah sebulan.

Tim gabungan telah melakukan penindakan dengan sanksi teguran kepada 9.335 yang yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Selama operasi, 9.335 yang diberi sanksi teguran dan tertulis, itu dari masyarakat pengguna jalan, pedagang dan bahkan ASN, rata-rata tidak menggunakan masker,” ungkap Yudha. (*)

Penulis : | Editor :

Related posts