Pramuka Cetak Pembina Mahir Lanjutan Golongan Siaga dari Maros

Pinsus Herawati secara simbolis menancapkan kapak latihan. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Keberadaan Pembina Mahir Lanjutan Golongan Siaga Pramuka di Maros dinilai semakin langka. Padahal, kata Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Maros, Andi Fahry Makkasau, Siaga menjadi komponen keanggotaan terbesar. Lebih besar dibanding golongan keanggotaan lainnya; yakni Penggalang dan Penegak serta Pandega.

Makanya, Kursus Mahir Lanjutan (KML) Golongan Siaga pun digelar akhir pekan lalu. Fahry menyebut bahwa itu adalah KML Golongan Siaga pertama kali yang digelar di Maros.

Read More

“Insyaallah melalui KML Siaga ini akan lahir Pembina Mahir Siaga yang andal. Sebab, menggunakan racikan metode terbaru dari para narasumber dan pelatih pendamping,” ujarnya, Senin, 26 Oktober 2020.

Ketua Panitia Penyelenggara Andi Kurniawan menjelaskan, daya tarik dari event ini adalah Herawati, sang Pimpinan Kursus adalah alumni Kursus Pelatih Lanjutan Nasional di Pusdiklatnas Gerakan Pramuka. Herawati didampingi Alfian Amura, konsultan materi yang seorang pelatih kaliber Internasional asal DKI Jakarta.

“Makanya peserta kursus ini tidak hanya diikuti calon pembina mahir siaga dari Kwarcab Maros. Tetapi juga oleh peserta dari kwarcab lain seperti Makassar, Gowa, Bone, Barru, Soppeng, Wajo, dan Palopo,” ujar Kurniawan yang juga Kabid Kepemudaan Dispora Maros itu.

KML di Aula A Kantor Bupati Maros tersebut memang kolaborasi dan sinergi orogram antara Dispora atau Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros bersama Kwarcab Pramuka Maros. Makanya, Kadispora Maros, Ansarullah yang membuka acara. Ansarullah juga tercatat sebagai Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Maros.

Ansarullah menekankan pentingnya terus mengembangkan nilai kepramukaan pada generasi muda. Sebagai bekal dalam mengembangkan karakter penerus cita-cita bangsa.

Puncak pelaksanaan pembukaan acara itu adalah penyerahan bendera latihan. Dari M Rastach Ramli, Kepala Pusdiklatcab Maros kepada Herawati yang setelah menerima bendera melanjutkan dengan menancapkan kapak latihan.

Sementara itu, mulai 30 Oktober hingga 1 November 2020 akan digelar Perjusami Urban Camp di Lapangan Pallantikang, belakang Kantor Bupati Maros. Acara yang sama sudah digelar juga 23-25 Oktober 2020 lalu. (fik)

Penulis : | Editor :

Related posts