Rekreasi Boleh, Disiplin Tetap

Personel Brimob menyapa pengunjung objek wisata. (FOTO: IST)

Ini pekan yang ringan bagi banyak orang. Sejak Rabu sudah “weekend”.

LIBURNYA panjang dan tentu saja bukan kantor yang ramai, namun tempat-tempat untuk melepas penat. Tetapi ingat, ini masih pandemi. Wisata boleh, penularan Covid-19 jangan.

Read More

Makanya di Sulsel, aparat keamanan tidak libur. Mereka disebar ke objek-objek wisata. Di Kota Makassar misalnya, personel Satpol-PP ada di Pantai Losari dengan pakaian seragam, bukan pakaian turis.

Mereka menyapa pengunjung, terutama yang datang dengan wajah dan mulut yang tak tertutup kain. Penggunaan masker menjadi poin utama operasi yustisi itu.

Bukan cuma di Losari. Destinasi di pesisir semisal Tanjung Bayang, Tanjung Merdeka, Kawasan CPI hingga Bugis Water Park di wilayah Antang tak luput didatangi.

Kepala Satpol PP Makassar, Imam Hud, berujar, bisa dimaklumi jika liburan panjang ini dimanfaatkan oleh warga Kota Makassar untuk melepas penat. Dan memang berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Angkasa Pura, kunjungan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin naik sekitar 17 persen sejak beberapa hari terakhir.

Satpol-PP pun siaga. Bukan untuk mengusik kenyamanan, tetapi justru menambah kenyamanan. Sebab kata Imam, jika semua disiplin protokol kesehatan, tak ada yang mesti dicemaskan berlebihan.

“Kita pendekatan persuasif kepada pengunjung,” ucapnya.

“Sejak tiga hari ini, pengunjung yang tidak memakai masker alasannya klasik. Ada yang lupa dan macam-macamlah alasan. Maka kita siapkan saja masker, ribuan,” tambahnya.

Tempat keramaian lainnya seperti kafe, warung kopi, rumah makan, dan restoran juga dipantau. “Satpol di kecamatan yang tidak ada tempat wisatanya, tetap melakukan operasi yustisi di wilayah masing-masing dengan sasaran pada tempat umum,” sambung Imam.

Di Kabupaten Bone, satu regu Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga turun ke tempat wisata. Nama patrolinya Aman Nusa.

Brimob berpakaian lengkap (tentu saja lengkap pula dengan masker) mendatangi Tanjung Pallette yang berada di Kelurahan Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Selain menjaga keamanan, mereka juga menyapa pengunjung.

Mengunakan masker hingga menjaga jarak terus mereka ingatkan.

Dalam patroli yang dipimpin oleh Aipda Irwan ini, Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga mengingatkan kepada pengelola objek wisata untuk membatasi jumlah pengunjung. Jika terlalu banyak di dalam, pintu masuk ditutup sampai ada yang pulang. Wisatawan bergantian menikmati Tanjung Pallette.

Di Kabupaten Maros, aparat Polres-nya juga ada di tempat-tempat wisata. Terutama Air Terjun Bantimurung yang terkenal itu.

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon menegaskan bahwa kepolisian hadir dalam upaya mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19. Sekaligus menjaga stabilitas kamtibmas.

Polres Maros juga mengirim anggota ke destinasi lain seperti Rammang-rammang. Ada juga yang berjaga di bandara.

Musa tak lupa mengingatkan jajarannya. “Pengamanan libur panjang bertepatan dengan kegiatan Operasi Zebra yang baru mulai dilaksanakan. Serta Operasi Yustisi. Jangan sampai ada yang menimbulkan hal kontra produktif dalam pelaksanaan operasi terhadap masyarakat,” tekannya. (ide)

Penulis : | Editor :

Related posts