Disertasi Pengkaderan HMI Antar Mantan Presiden Mahasiswa UIN Raih Doktor

Ujian promosi doktor M Yusri dilakukan daring. (FOTO: IST)

MAKASSAR, MM – Mantan Presiden Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, M Yusri, menyelesaikan pendidikan doktornya, kemarin. Disertasinya berjudul “Pendidikan Karakter Anggota Dalam Pola Perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya”.

Pria yang kini bisa menuliskan nama Dr M Yusri, S.Sos, S.Pd, M.Si itu memang kader HMI.

Read More

“Disertasi saya menunjukkan bahwa dengan pola perkaderan yang dijalankan HMI, terkhusus di Cabang Gowa Raya, memberikan peluang bagi pembentukan identitas kemahasiswaan,” ujarnya.

Sejalan dengan pendidikan karakter yang menjadi muatan kurikulum nasional, nilai Yusri, HMI turut dalam pengembangan pendidikan melalui organisasi ekstra.

Ucapan selamat pun berdatangan. Salah satunya dari Ismail Suardi Wekke, Adjunct Professor di Academy of Islamic Studies and Arabic Language, University College of Yayasan Pahang, Malaysia.

Ismail yang seorang profesor itu mengaku bersyukur dan bangga. “Dan menjadi seorang doktor memikul tanggung jawab sosial”, kata Ismail, putra kelahiran Maros yang juga dosen IAIN Sorong.

Ada satu pesan penuh analogi dari Ismail. “Jangan menjadi doktor pohon pisang. Hanya menyelesaikan disertasi, dan itu satu-satunya karya yang dihasilkan. Sebaliknya, menjadi doktor pohon mangka, berbuah terus menerus bukan berdasarkan musim.”

Ketua Umum Badko HMI Sulselrabar 2006-2008, Abdul Razak Said menambahkan, tidak saja HMI Cabang Gowa Raya yang bangga, tetapi seluruh Indonesia, dari Cabang Merauke, sampai Cabang Banda Aceh.

Ucapan selamat juga datang dari Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Serikat Mahasiswa Penggiat Konstitusi dan Hukum (DPP Simposium), Ahmad Zulfikar. (fik) 

Penulis : | Editor :

Related posts