NEWS  

Halau Kerumunan, Ustaz Das’ad Latief Batalkan Ceramah

Ustaz Das'ad Latif. (FOTO: IST)

PASER, MM – Video ustaz kondang asal Makassar, Das’ad Latief membubarkan jemaah pengajiannya begitu menyita perhatian. Sebab jemaah sudah siap mendengar ceramah, tiba-tiba pria bergelar doktor itu membatalkan kegiatan.

Ternyata, Das’ad khawatir dengan jumlah jemaah. Terlalu banyak. Padahal undangan hanya 100 orang. Dan sekarang masih pandemi Covid-19.

Das’ad naik ke panggung dan langsung mengambil mikrofon dan menjelaskan bahaya wabah corona jika massa jemaah tidak segera bubar.

“Saya jelaskan bahwa orang berkumpul seperti ini, kalau dia berselawat ramai-ramai, akan dicurahkan rahmat dan kasih sayang Allah. Tapi, kalau dalam pandemi seperti ini, bukan rahmat dan kasih sayang Allah yang dia dapat, tapi wabah corona,” katanya.

“Maka saudara-saudara sekalian, saya paham Anda cinta dengar dakwah. Tapi, kalau mau dengar dakwah saya, boleh melalui YouTube.”

Langkah yang dilakukan Das’ad diapresiasi oleh Kepala Departemen Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono.

“Sudah benar, mengurangi kerumunan,” ucap Miko. “Jangan dianggap kerumunan kecil itu penularannya kecil.”

Lokasi pengajian tersebut dikabarkan di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim), beberapa hari lalu. (mal)