Jangan Cuma Joget-joget, Putra Maros Ini Dorong TikTok Jadi Media Pembelajaran

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim. (FOTO: DOK)

MAROS, MM – Sedang ramai video-video dari TikTok. Banyak pengguna aplikasi tersebut yang mengunggah tayangan. Jenisnya beragam. Dari nyanyian hingga tarian. Termasuk yang joget-joget.

Namun pengembang aplikasi itu rupanya sudah merambah “dunia” yang lebih berbeda. Dunia pendidikan. TikTok memiliki program TikTok For Education.

Read More

Pengurus pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) pun menangkap kecenderungan itu. Kajian demi kajian dilakukan untuk menguji efektif tidaknya TikTok menjadi media pembelajaran.

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim menuturkan, ini peluang untuk mengembangkan metode pendidikan yang lebih “zaman now”. TikTok bagaimana pun telah menjadi favorit kaum milenial.

“Bahkan kalangan yang lebih tua pun tidak mau ketinggalan,” ujar putra kelahiran Maros tersebut, Kamis, 14 Januari 2021.

Ramli yang juga pendiri lembaga pendidikan Ranu Prima Collage itu pun mendukung berbagai workshop terkait pengaplikasian TikTok For Eduacation. Termasuk yang akan digelar Sabtu, 16 Januari 2021 mendatang oleh IGI Flores Timur secara daring.

Lantas, bagaimana penerapan TikTok untuk pendidikan itu. “Untuk lebih jelasnya kita akan bahas bersama pada workshop itu,” imbuh Ramli.

Kegiatan serupa direncanakan digelar lebih sering. Guru-guru di daerah lain semisal Maros pun diharap mengambil momentum ini.

Selain IGI, TikTok juga menggandeng Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI). (mal)

Penulis : | Editor :

Related posts