Lanud Sultan Hasanuddin Kirim Logistik dan Pasukan ke Sulbar

Pesawat TNI AU yang membawa bantuan ke Sulbar, Jumat, 15 Januari 2021. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Bantuan untuk bencana alam gempa bumi yang melanda Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulbar, datang silih berganti. Lanud Sultan Hasanuddin pun memberangkatkan pesawat Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Wing 5, untuk melakukan pengamatan udara di lokasi bencana.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI, Haris Haryanto, mengatakan, pemberangkatan pesawat tersebut merupakan respons cepat terhadap bencana alam. Juga, instruksi Panglima TNI.

Read More

Selain pengamatan, diterbangkan pula pesawat Boeing AI-7302 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 5 Mayor Pnb, Agung Hartanto membawa bantuan sosial.

“Sebanyak 231 koli dari Pangkoopsau II dan 100 koli dari Lanud Sultan Hasanuddin,” ungkapnya.

Lanud Sultan Hasanuddin juga mengirim personel dari Wing II Paskhas untuk membantu evakuasi dan pemulihan pasca bencana gempa bumi di Sulbar.

“Ini merupakan wujud operasi militer selain perang yang dilakukan TNI. Salah satunya ialah penanggulangan bencana alam,” terangnya.

Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI, Haris Haryanto (kiri) serta Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam memantau pemberangkatan personel ke Sulbar. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

TNI AU menyiagakan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 33 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dan dari Skadron Udara 31 Lanud Halim, pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim.

Ada juga satu pesawat Helikopter Super Puma NAS-332 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja yang sedang bertugas sebagai stand by SAR Lanud Sultan Hasanuddin untuk dukungan Search dan Rescue (SAR), evakuasi, maupun distribusi bantuan logistik. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts