Lapas Baru Akan Dibangun di Maros, Ini Tugas Pemkab

Penyerahan cendera mata dari Pemkab Maros kepada pejabat lama Kepala LPKA Kelas II Maros. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Tidak ada lembaga pemasyarakatan (lapas) untuk orang dewasa di Kabupaten Maros saat ini. Lapas di Jalan Poros Kariango sudah berubah menjadi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Makanya, akan dibangun lagi lapas di bawah koordinasi Kementerian Hukum dan HAM. Namun, Pemprov Sulsel dan Pemkab Maros tetap mendapat peran strategis.

Read More

Bupati Maros, Hatta Rahman menuturkan, lapas baru itu rencana didirikan di Kecamatan Tompobulu. Berdekatan dengan Sekolah Polisi Negara (SPN) yang baru.

“Sesuai perintah Gubernur Sulsel bahwa Pemda Maros yang punya tanggung jawab atas akses jalan menuju lokasi tersebut,” beber Hatta saat hadiri acara serah terima jabatan Kepala LPKA Kelas II Maros, Rabu, 20 Januari 2021.

Dengan masa jabatan Hatta yang tidak lagi cukup sebulan, penugasan tersebut otomatis menjadi tanggung jawab bupati dan wakil bupati terpilih Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari.

Di LPKA tersebut, masih ada cukup banyak tahanan orang dewasa. Makanya dianggap sudah mendesak untuk membangun lapas khusus yang terpisah.

Sementara itu, Jayadi Kusuma mengakhiri tugasnya di Maros. Dia telah menyerahkan jabatan itu ke pejabat baru dan berpindah ke Ternate.

Jayadi digantikan Tubagus M Chaidir, yang sebelumnya menjabat sebagai kelapa di Rutan Kabupaten Enrekang.

“Terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Maros, atas kerja sama yang baik selama saya berada di sini,” ujar Jayadi dalam acara yang juga dihadiri

Ketua DPRD Maros, Dandim 1422 Maros, perwakilan Polres Maros, Sekretaris Daerah Maros, dan sejumlah unsur pimpinan OPD mitra LPKA kelas II Maros.

Bupati dalam sambutannya berharap pejabat baru LPKA Kelss II Maros juga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, terlebih dalam hal pemenuhan hak-hak bagi warga binaan.

“Selamat mengemban amanah ditempat baru, Pak. Terima kasih atas dedikasi dan kerja samanya selama ini, dan semoga Kalapas baru kita saat ini juga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah,” katanya. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts