Hanya Bisa Jualan Dua Jam, Ini Permintaan Pedagang di PTB

Pengunjung menyantap sajian di salah satu warung di PTB, Maros, Jumat malam, 22 Januari 2021. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Bupati Maros, Hatta Rahman telah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, termasuk “jam malam” 20.00 Wita, per 20 Januari 2021. Meski begitu, kawasan kuliner malam PTB Maros sampai pukul 21.10 Wita masih ramai oleh pedagang, Jumat, 22 Januari 2021.

Pantauan MataMaros.com, jumlah pengunjung memang relatif lebih sepi. Namun, tetap ada aktivitas jual beli.

Read More

“Kami baru dapat suratnya tadi, kira-kira habis Magrib,” kata Esti.

Ia mengaku bingung dengan adanya surat edaran itu. Jam malam membuat dia dan penjual lainnya praktis hanya bisa buka selama dua jam. “Kan kita baru buka pukul 5 sore,” katanya.

Efeknya pun, imbuh Esti, mulai terasa. Keuntungan Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per malam, dia prediksi tidak bisa lagi dia dapat. Apalagi melihat kunjungan orang yang sedikit.

“Itu pun sebenarnya omzet waktu belum musim hujan. Kalau sekarang yah kadang tidak ada pemasukan kadang juga ada walaupun hanya Rp50 ribu. Dan itu kita menjual dari pukul 5 sore sampai pukul 12 malam,” ujarnya.

Pedagang lain, Azis, meskipun mengaku pasrah dengan kebijakan Pemkab Maros itu, meminta agar ada peninjauan kembali atau solusi terkait pembatasan kegiatan ini.

“Kalau bisa ada solusi untuk kami ini yang pendapatannya pasti terganggu. Karena kami cuma hidup dari sini saja,” katanya.

Menurutnya, pandemi covid 19 ini tidak hanya menginfeksi dan mengganggu kesehatan orang. Tetapi juga pada pendapatan warga yang harus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Menjual ki sekarang kurang pembeli, kalau tidak menjual tidak ada pemasukan, cepat tutup juga,” keluhnya.

Mbak Ilo, penjual bakso di PTB mengatakan, meskipun pembatasan kegiatan masyarakat ini sisa 10 hari (berlaku hingga 2 Februari 2021) namun diyakininua akan banyak menguras tabungan yang selama ini disimpannya.

“Seperti waktu awal-awal covid. Tabungan habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mau apa lagi,” katanya.

Sementara itu, pusat perbelanjaan Grand Mall, Mandai, pada pukul 20.30 Wita, terlihat sudah tutup dari jadwal biasanya buka sampai pukul 22.00 wita malam.

Pint

Pintu gerbang Grand Mall sudah ditutup. Gambar direkam pukul 20.30 Wita. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

Kemarin, Bupati menerbitkan surat keputusan (SK) nomor; 440.4.1/2/Dinkes, memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat mulai pukul 06.00 sampai 20.00 Wita. Berlaku 20 Januari 2021 hingga 2 Februari 2021. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts