Giliran Penadah Audio Mobil Curian di Maros Diringkus Polisi

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon (tengah) saat konferensi pers pengungkapan kasus, Senin, 25 Januari 2021. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Sindikat pencuri tape atau audio mobil di Maros kian terungkap. Setelah sebelumnya aparat Polres Maros menangkap pelaku, Jamaluddin, kini giliran penadah yang diringkus.

Namanya Suhardi. Usia 39 tahun, warga Panakkukang, Makassar. Suhardi diketahui memiliki toko di Makassar. Barang curian dari Jamaluddin dia jual kembali di situ.

Read More

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon menjelaskan, berdasar hasil pengembangan terungkap bahwa Suhardi mengetahui bahwa audio mobil dari Jamaluddin adalah hasil curian. Bahkan, sudah langganan.

“Pada 12 Januari anggota Polsek Lau dan Polres Maros berhasil mengungkap penadahnya. Tersangka penadahan juga akan dikenakan pasal 480 dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” ujar Musa dalam konferensi pers di Mapolres Maros, Senin, 25 Januari 2021.

Dia menambahkan bahwa Polres Maros masih melakukan pendalaman mengenai keterlibatan beberapa orang lain.
“Tidak menutup kemungkinan ada tersangka yang lain.”

Peran Jamaluddin juga semakin jelas. Dia yang melakukan aksi pencurian di beberapa titik di Maros. Misalnya pada 1 Januari 2021 kira-kira pukul 03.30 Wita di Jalan Masjid Raya, Kelurahan Maccini Baji, Kecamatan Lau. Tersangka melihat dua unit mobil terparkir kemudian memarkir sepeda motornya dan mulai beraksi.

Pelaku memecahkan kaca mobil sebelah kiri depan mobil Mitsubishi Pajero warna hitam. Setelah berhasil mengambil audio mobil, dia kembali memecahkan kaca mobil Honda Jazz warna kuning.

Dua hari kemudian pelaku kembali melaksanakan aksinya di wilayah Barandasi, Lau. Di dua lokasi. Tepatnya di depan Roti Kenangan Maros tersangka mengambil tape mobil Honda HRV warna hitam dan di depan Alif Cell mempreteli audio mobil Honda Brio warna abu-abu.

Jamaluddin lalu membawa barang-barang curiannya itu ke Makassar. Total ada 20 unit tape mobil berbagai merek.

Selain di Maros, tersangka juga ketahuan melakukan pencurian audio mobil di Pangkep, Gowa, Makassar, bahkan Jeneponto. (ast)

Penulis : | Editor :

Related posts