Chaidir-Suhartina Dukung Karst Maros-Pangkep Tembus Global Geopark Unesco

Perayaan ulang tahun ke-44 Chaidir Syam di sela sosialisasi perda soal karst, Selasa, 2 Februari 2021. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Bupati dan wakil bupati terpilih Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari menyatakan komitmen mendukung karst Maros-Pangkep sebagai Geopark Global Unesco.

Chaidir mengatakan bahwa setelah dilantik, dia akan langsung melakukan langkah-langkah dukungan. Termasuk dalam proses assesment yang bakal dilakukan Unesco tahun ini.

Read More

Sedangkan Suhartina menitikberatkan keterlibatan kaum perempuan dalam proses tersebut.

Keduanya hadir di sela sosialisasi perda tentang karst Maros-Pangkep yang digelar anggota DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB di ballroom Grand Town, Batangase, Maros, Selasa, 2 Februari 2021.

Irfan menuturkan, Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2019 penting disosialisasikan agar dapat diketahui oleh seluruh masyarakat Maros yang menjadi stakeholder utama kawasan esensial Karts.

“Agar bentangan karst ini dapat dikelola secara adil dan bijaksana,” ucap politikus PAN itu.

Tampil sebagai narasumber, Iwan Sumantri sebagai mantan penyusun naskah akademik menjelaskan secara panjang lebar mengenai pentingnya pengelolaan dan perlindungan kawasan esensial karst.

Banyak hal yang harus dilindungi di dalamnya. Di antaranya penting menjaga warisan budaya berupa peninggalan lukisan hewan yang umurnya 45.000 tahun – lukisan tertua saat ini.

Narasumber lainnya, General Manager Geopark Maros, Dedi Irfan meminta dukungan seluruh pihak untuk mendukung Karst Maros pangkep sebagai global geopark.

Sosialisais diikuti oleh perwakilan warga dan pemerintah desa dan kecamatan dari Desa Bontolempangang, Salenrang, Baruga, Tukamasea, Mattoanging, Mangeloreng, Samangki, Jenetaesa, Sambueja, Pakalu. (mal) 

Penulis : | Editor :

Related posts