Sapma-PP Gagas Lorong Hijau, Begini Konsepnya

Drum bantuan untuk program lorong hijau Sapma-PP Maros. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Satuan Pelajar, Pemuda, dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Maros merancang program lorong hijau. Konsepnya, lorong dilengkapi dengan drum tempat sampah yang dicat hijau, oranye, dan biru.

“Lalu di sepanjang lorong ada deretan bunga,” ujar Ahmad Takbir Abadi, Kamis, 4 Februari 2021.

Read More

Dia menuturkan bahwa program ini sudah bisa jalan. Ada bantuan 10 drum dari Bosowa Semen yang akan digunakan untuk tahap awal.

Satu drum bisa untuk dua tempat sampah. Jadi total ada 20 tempat sampah, lebih dari cukup untuk menampung sampah warga di sebuah lorong.

Wakil Sekretaris Bidang Lingkungan Hidup, Ketenagakerjaan, dan Kebencanaan Sapma-PP Maros, Jumardi bilang, di Maros sudah pernah ada yang mencoba konsep ini. Namun perlahan redup.

“Kini kami coba gaungkan lagi,” ucapnya.

Sapma-PP Maros juga berharap ini bisa percontohan bagi lorong-lorong di Kabupaten Maros. Ke depan bisa ramai dikembangkan.

Data yang diperoleh Sapma-PP Maros, produksi sampah di kabupaten ini mencapai 40-50 ton per hari. Makanya butuh banyak tempat sampah.

“Kita juga tidak sepenuhnya berharap pada fasilitas pemerintah,” tambah Jumardi.

Inisiatif seperti ini diyakini akan memberi sumbangsih. Selain menampung sampah, program lorong hijau bermanfaat dari sisi estetika. (fik) 

Penulis : | Editor :

Related posts