Bawa Isu Pupuk hingga Petani Milenial, Pemuda HKTI Maros Temui Kadis Pertanian

Pertemuan Pemuda Tani HKTI Maros dengan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Maros, Muhammad Alfian Amri. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Pemuda Tani HKTI Kabupaten Maros coba menjembatani persoalan kelangkaan pupuk. Ketua Rahmat Hidayat bersama sejumlah pengurus pun menemui Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Muhammad Alfian Amri, Jumat, 5 Februari 2021

Rahmat menuturkan bahwa sudah beberapa bulan ini keluhan datang dari petani. Mereka kesulitan mengejar target produksi padi karena pupuk terbatas.

Read More

Alfian menjawab bahwa pupuk sebenarnya tidak langka. Tetapi itu khusus pupuk non-subsidi. Sedangkan pupuk subsidi jumlahnya memang ada batasan.

“Pupuk bersubsidi itu sudah dijatah dan berdasarkan SK dari pusat. Ada jatah tiap provinsi, kabupaten, hingga Kecamatan,” ucapnya.

Hal yang mungkin jadi penyebab kelangkaan menurut Alfian adalah adanya oknum pengecer yang bermain. Makanya dia juga mengajak Pemuda HKTI Maros sama-sama melakukan pengawasan.

“Kalau ada pengecer nakal, laporkan,” ujarnya.

Kunjungan tersebut, imbuh Sekretaris Pemuda HKTI Maros, Amul Hikmah Budiman, sekaligus silaturahmi dan perkenalan. Bahwa Pemuda HKTI sudah terbentuk juga di kabupaten ini.

Pertemuan yang kurang lebih 45 menit ini,  memperbincangkan banyak hal. Mulai dari pengenalan organisasi, sinergi dalam menghadirkan petani milenial, dan persoalan-persoalan yang timbul di sektor pertanian.

“Secara konstitusi, kadis pertanian adalah dewan pembina kami. Makanya kami sampaikan ke beliau bahwa kami telah hadir dan siap untuk menjalin sinergitas membangun anak muda dalam sektor pertanian,” tambah Rahmat.

Alfian pun mengaku siap bekerja sama dalam berbagai hal.

Selain ketua dan sekretaris, pengurus lain Pemuda HKTI Maros juga hadir dalam pertemuan itu. Antara lain Ketua OKK Misbahuddin, Wasek Bidang Herman, dan anggota lainnya. (abr) 

Penulis : | Editor :

Related posts