BBVet Maros Sudah Uji 12.833 Spesimen Covid-19

Tim BBVet Maros melakukan uji spesimen Covid-19, Selasa, 9 Februari 2021. (MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Balai Besar Veteriner (BBVet) yang terletak di Kabupaten Maros merupakan salah satu dari lima UPT BBVet di Indonesia yang mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan sebagi laboratorium layak uji Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19.

Nah, sejak 20 Mei 2020 hingga 6 Februari 2021, tim dokter di BB-Vet Maros telah melakukan pemeriksaan spesimen swab Covid-19 sebanyak 12.833.

Koordinator Pelayanan BBVet Maros, DR Drh Muflihanah mengatakan, selama melakukan pemeriksaan spesimen Covid-19 tidak menemui kendala yang berarti.

DR Drh Muflihanah. (FOTO: MUHAMMAD YUSUF/MATAMAROS.COM)

“Tidak ada karena memang tugas pokok sebagai pelaksana penyidikan, pengujian veteriner, dan pengembangan teknik serta metoda penyidikan dan pengujian veteriner,” tuturnya, Selasa, 9 Februari 2021.

Hanya saja, kata Hana (sapaan akrabnya), sempat terjadi lonjakan sampel yang cukup drastis. Sebanyak 500 spesimen per harinya, sedangkan normalnya hanya 186 spesimen per hari.

“Lonjakan itu terjadi saat dilakukannya swab massal di sejumlah daerah,” ungkapnya.

Dalam melakukan uji spesimen BBVet Maros sendiri melayani Maros, Pangkep, Barru. Sempat juga menerima sampel dari Makassar, Parepare, dan Sinjai.

“Pemeriksaan sampel sempat terhenti di bulan Desember tahun lalu karena dekontaminasi ruangan,” bebernya.

BBVet Maros sendiri ditunjuk melakukan pengujian spesimen untuk membantu percepatan proses pemeriksaan. Selama Januari hingga 6 Februari 2021 BB-Vet telah memeriksa 3.766 spesimen sampel Covid-19. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts