Isu Plagiarisme Menghangat, HMJ Ekonomi Islam dan Laa Maisyir Gelar Kuliah Tamu

Prof Dr Ali Saukah, guru besar Universitas Negeri Malang mengisi kuliah tamu. (FOTO: IST)

MAKASSAR, MM – Plagiarisme sedang jadi topik hangat. Praktik plagiat ditengarai semakin masif, bahkan di kalangan akademisi.

Bagi pengurus Jurnal Ekonomi Islam Laa Maisyir, ada beberapa penyebab terjadinya plagiat. Salah satunya boleh jadi karena ketidaktahuan. Makanya Kamis, 11 Februari 2021, Laa Maisyir menggandeng Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam menggelar kuliah tamu. Mereka mengundang Prof Dr Ali Saukah, guru besar Universitas Negeri Malang.

Read More

Ketua penyunting Laa Maisyir, Ismail Suardi Wekke, memandu kuliah tamu itu.

“Plagiat bisa jadi dilakukan karena ketidaktahuan. Untuk itu Laa Maisyir dan HMJ Ekonomi Islam mendiskusikan agar yang begitu bisa dihindari,” tutur Ismail.

Jurnal menurut Ismail merupakan ekosistem keilmuan. Penerbitannya hanya salah satu ikhtiar.

Ismail menyebut pelaksanaan kuliah tamu ini untuk memberikan edukasi kepada penulis. “Dampaknya, kualitas tulisan akan lebih baik dari waktu ke waktu,” tuturnya.

Andi Muhammad Khaerul Isman selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah mengenal lebih dalam hal-hal yang berhubungan dengan plagiasi. Khususnya di kalangan mahasiswa.

Ini juga disebutnya sebagai respons terhadap isu-isu yang belakangan ini hangat diperbincangkan. “Ada kasus perbedaan pandangan terkait dengan plagiat,” ujar Khairul.

Kuliah tamu yang diadakan ini untuk dapat membantu mahasiswa dan juga dosen dalam mengenali jenis plagiarisme. Sehingga karya tulis yang dibuat autentik. Pihaknya berharap ini rutin digelar. (mal) 

Penulis : | Editor :

Related posts