Jumpa Bupati Terpilih, Abpenas Maros Dorong Penguatan BPD

Pertemuan pengurus Abpenas Maros dengan bupati terpilih Chaidir Syam, Senin, 15 Februari 2021. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Pengurus Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpenas) Kabupaten Maros bertemu bupati terpilih Maros Chaidir Syam, di sebuah Kafe Marsop 369, Batangase, Senin, 15 Februari 2021.

Ketua Abpenas Maros, Idial Wahid menuturkan, pertemuan ini adalah ajang silaturahmi dengan bupati terpilih sekaligus ruang untuk menyampaikan beberapa isu strategis terkait BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

Read More

“Isu utamanya adalah penguatan BPD sebagai lembaga yang jadi perwakilan masyarakat di desa dalam menjalankan partisipasi dalam pembangunan,” ujarnya.

Idial menyebut bahwa peningkatan kapasitas anggota BPD juga perlu jadi perhatian pemerintah daerah.

Idial melanjutkan, isu sinergitas BPD dengan pemerintah desa juga dibahas. Sebab di beberapa desa terjadi ketidakharmonisan antara BPD dengan kepala desa.

“Misalnya di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana. Kepala desa melaporkan ketua BPD ke polisi karena kinerjanya dikritik. Saya kira itu jadi perhatian kita semua ke depan agar BPD bisa menjalankan fungsi-fungsinya tanpa rasa khawatir,” imbuhnya.

Di luar itu, Abpenas Maros juga berharap kepada pemerintah daerah agar segera dibangun kantor BPD yang terpisah dari kantor desa. Tidak seperti selama ini, BPD menempati kantor desa padahal lembaganya berbeda. Perannya juga berbeda.

Chaidir menyebut akan mendorong BPD menjadi lembaga yang kuat di desa. Agar bisa bersinergi dengan pemerintah desa dalam melakukan pembangunan. (ast) 

Penulis : | Editor :

Related posts