Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Maros Ditunda?

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Maros, Andi Darmawati Sukiman. (FOTO: DOK/MM)

MAROS, MM – Masa jabatan bupati dan wakil bupati Maros, Hatta Rahman dan Andi Harmil Mattotorang akan berakhir, Rabu, 17 Februari 2021. Namun hingga saat ini belum juga ada kepastian soal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Maros.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Maros, Andi Darmawati Sukiman, mengaku pihaknya belum mendapatkan informasi resmi terkait pelaksanaan pelantikan pemenang Pilkada Maros.

Read More

“Kita menunggu saja,” katanya kepada MataMaros.com, Senin, 15 Februari 2021.

Nah, jika masa jabatan Hatta-Harmil selesai dan belum ada pelantikan, artinya akan ada pelaksana harian (Plh) kepala daerah. Menurut Darma, sudah ada surat edaran Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 120/738/0TDA tanggal 3 Februari 2021 perihal Penugasan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah.

Dalam edaran tersebut dijelaskan bahwa dalam pelaksanan kegiatan sehari-hari untuk mengisi kekosongan kepala daerah dan wakil kepala daerah akan dijabat oleh sekretaris daerah.

“Kalau ditunda, ditunjuk Sekda sebagai Plh. Kita tunggu SK penunjukan Sekda,” imbuh Darma.

Meski begitu, pihaknya masih menanti kejelasan apakah betul tertunda atau pelantikan tetap dilakukan pada 17 Februari 2021, lusa.

Bupati terpilih Maros, Chaidir Syam juga mengaku belum menerima informasi soal jadwal pelantikan. Begitu pula dengan wakil bupati terpilih Maros, Suhartina Bohari.

“Belum ada,” tutur Chaidir.

“Kita menanti waktu yang ditetapkan pihak terkait,” jawab Suhartina.

Sebelumnya, kepada wartawan, Gubernur Sulsdl, Nurdin Abdullah memang menyebut bahwa jika Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum diterima, maka sekretaris daerah masing-masing kabupaten/kota yang akan menjabat untuk sementara. Kecuali Kota Makassar.

“Plh-adalah Sekda kecuali Makassar. Karena Makassar kan Pj. Pj masih ada. Pj akan berakhir setelah dilantik pejabat terpilih,” kata Nurdin. (suf) 

Penulis : | Editor :

Related posts