Rumah Unik di Rompegading, Tempat Istirahat Masa Pensiun yang Jadi Incaran untuk Foto Instagram

Rumah "kurcaci" di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Maros. (FOTO-FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Burhan Sana punya pilihan sendiri untuk menikmati hari tuanya usai pensiun sebagai aparatur sipil negara (ASN). Dia membuat dua unit hunian ala rumah kurcaci di kampungnya di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros.

Anda yang pernah menonton film The Hobbit mungkin mulai bisa membayangkan seperti apa rumah yang dibangun Burhan. Rumah-rumah kecil yang walaupun bisa dinamai rumah kurcaci, namun khusus yang ini, bisa ditempati menginap oleh manusia.

Read More

Burhan pun menyiapkan ini untuk disewakan. Tamu boleh menginap. Makanya sedang dibangun lagi dua unit rumah serupa. Kawasan itu dia namakan Green Cela.

Tetapi jangan kira lokasinya susah dijangkau. Letaknya tidaklah di pedalaman hutan. Anda bahkan bisa tiba di situ dengan mengendarai sepeda motor, juga mobil.

Untuk sementara, Burhan menikmatinya bersama keluarga. Tempat rihat yang jauh dari hiruk pikuk.

“Motivasi utamanya memang untuk istirahat sekaligus menikmati masa pensiun. Sembari menghindari kerumunan juga,” ucapnya.

Di situ dia punya kasur dan peralatan makan-minum. Burhan kerap berlama-lama di situ. Mengaji di tengah bentangan alam.

Tetapi karena bentuknya unik dan menarik, mulai datang orang-orang sekitar. Numpang berfoto untuk kepentingan unggahan media sosial.

Burhan Sana punya rumah khusus untuk menikmati masa pensiunnya. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS.COM)

“Kalau tamu umum saya belum berani terima,” tambah pria 69 tahun itu.

Pensiunan guru yang terakhir mengajar di SDN 25 Padangalla itu berharap ke depan bisa mengembangkan kebun buah juga di situ. Dia mulai menjalin komunikasi dengan mahasiswa Unhas.

Namun situasi sekarang pun sudah relatif menarik. Penampakannya sangat Instagramable. Berlatar belakang bukit dan persawahan. Udaranya segar dengan balutan kabut tipis membuat suasana jadi sedikit melankolis.

Saat MataMaros.com berkunjung ke sana, Sabtu, 20 Februari 2021, tiga gadis sedang asyik berfoto dan membuat video pendek. “Lumayan untuk tambah postingan,” kata Fitrah, mahasiswi sebuah kampus swasta di Makassar. Dia datang bersama dua rekannya; Fauziah Faizah dan Miftahul Jannah. (asty utami) 

Penulis : | Editor :

Related posts